Joachim Low Beberkan Pep Talk yang Memotivasi Pemain Jerman Saat Melawan Swedia

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 24 Juni 2018
Joachim Low Beberkan Pep Talk yang Memotivasi Pemain Jerman Saat Melawan Swedia
Joachim Low dan Toni Kroos (Zimbio)

BolaSkor.com - Timnas Jerman bangkit meraih kemenangan dengan cara klasik ala Der Panzer saat melawan Swedia di laga kedua grup F Piala Dunia 2018. Sempat tertinggal 0-1 dari gol Ola Toivonen, Die Mannschaft bangkit dan berbalik menang melalui gol Marco Reus dan Toni Kroos.

Hebatnya lagi, Jerman menang dengan 10 pemain pasca Jerome Boateng diusir wasit di babak kedua. Kendati demikian, Jerman memperlihatkan mentalitas mereka sebagai juara bertahan yang sudah memenangi empat titel Piala Dunia. Meski bermain dengan 10 pemain, mereka tidak bermain hati-hati dan justru menjadikan tekanan sebagai enerji positif untuk bangkit.

Joachim Low, pelatih Jerman, sampai melabeli laga tersebut layaknya roller coaster seiring tingginya intensintas permainan selama 90 menit plus tambahan waktu. Laga Jerman kontra Swedia sangat menghibur fans netral.

"Tentu saja laga tadi (Jerman vs Swedia) menegangkan, penuh dengan emosi, layaknya roller coaster. Beberapa menit terakhir penuh drama, tapi, laga-laga seperti ini memang ada dalam sepak bola," ucap Low.

"Hal seperti itu terjadi berulang kali dan ini menjadi daya tarik khusus untuk fans sepak bola," lanjutnya, sebagaimana dilansir dari ESPN, Minggu (24/6).

Kemenangan dramatis Jerman juga tidak lepas dari pep talk (pembicaraan di ruang ganti pemain pada jeda babak pertama) yang dilakukan Low. Pelatih berusia 58 tahun hanya memberi instruksi sederhana di ruang ganti pemain: jangan panik di babak kedua.

"Saya memberitahu mereka (di ruang ganti pemain) untuk tetap tenang di 45 menit berikutnya dan jangan panik atau mencoba memainkan bola lambung jauh ke depan, tapi, untuk terus bermain operan pendek dan bermain melebar ke sayap, mencoba untuk lebih tajam lagi," ungkap Low.

"Sesuatu yang saya apresiasi adalah kami tidak kehilangan ketenangan (bermain), kami tidak panik meski tertinggal. Kami tetap tenang, kami berkata kami harus terus mengoper bola dan membuat Swedia kelelahan lalu membuka ruang. Di babak kedua tekanan kami semakin tinggi."

"Gol di waktu tambahan, ada sedikit keberuntungan di dalamnya, tapi, itu juga terjadi karena keyakinan kuat yang menguatkan tim," urai Low.

Jerman kini akan menentukan nasib mereka sendiri saat melawan Korea Selatan (Korsel) di laga pamungkas Grup F yang berlangsung pekan depan.

Breaking News Timnas Jerman Timnas Swedia Joachim Low Piala Dunia 2018
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.172

Bagikan