Joan Mir dan Deretan Kaisar Suzuki yang Pernah Menjadi Juara Dunia

Andhika PutraAndhika Putra - Minggu, 15 November 2020
Joan Mir dan Deretan Kaisar Suzuki yang Pernah Menjadi Juara Dunia
Joan Mir (Zimbio)

BolaSkor.com - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, mencatatkan sejarah dengan menjuarai MotoGP 2020. Rider asal Spapnyol itu mengunci gelar dengan menyisakan satu seri. Keunggulan 28 poin sudah cukup mengantar Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020. Tak ada yang mengunggulkan Mir di awal kompetisi.

Terlebih, sepanjang musim Mir hanya sekali meraih kemenangan. Itu pun baru terjadi pekan lalu pada MotoGP Eropa.

Sisanya, Mir bermodal konsistensi. Pembalap berusia 23 tahun itu tak pernah membuang poin dan rutin naik podium meski hanya urutan kedua dan ketiga.

Baca Juga:

Sekarang atau Tiga Tahun Lagi, Iannone Simpan Mimpi Beraksi di MotoGP

Jika Sudah Suratan Takdir, Tak Ada yang Bisa Halangi Mir Wujudkan Mimpi

Hasil tersebut berbanding terbalik dengan rider Petronas Yamaha, Fabio Quartararo. Meski mengantungi tidak kemenangan, rider asal Prancis itu inkonsisten dan jarang naik podium.

Keberhasilan Mir memutus dahaga Suzuki selama 20 tahun. Pabrikan asal Jepang itu sempat terpuruk dan hilang dari radar.

Padahal, Suzuki termasuk satu di antara raja di MotoGP. Beberapa nama sempat menjadi kaisar di pabrikan asal Jepang itu sebelum Mir seperti Barry Sheene pada 1976.

Daftar Juara dunia MotoGP dari Suzuki:

1.Barry Sheene

Barry Sheene merupakan juara dunia Suzuki pertama. Ia beruntun merajai kelas tertinggi pada 1976 dan 1977.

2 Marco Luchinelli

Pada 1981, Suzuki kembali merajai MotoGP lewat Marco Luchinelli. Ia bersaing ketat dengan Randy Mamola yang juga memakai motor Suzuki, tetapi dari tim yang berbeda.

3 Franco Uncini

Dominasi Suzuki berlanjut ke 1982. Namun, bukan Luchinelli lagi yang menjadi juara dunia, melainkan Franco Uncini. Masih menggunakan motor RG500, Uncini meraih lima kemenangan yang mengantarnya menjadi juara dunia.

4 Kevin Schwantz

Schwantz mungkin menjadi pembalap Suzuki paling tenar di era 1990. Ia merebut gelar juara dinia pada 1993 setelah bersaing ketat dengan Wayne Rainey.

5 Kenny Roberts Jr

Memasuki era 2000 an, Suzuki membuka dengan kemenangan gemilang lewat Kevin Schwantz. Namun, kemenangan pabrikan asal Jepang itu di awal milenium tak berlanjut. Perlu 20 tahun sebelum akhirnya ada yang menjadi juara dunia kembali yakni Joan Mir pada MotoGP 2020.

Breaking News Motogp MotoGP 2020 Joan Mir Suzuki Ecstar Suzuki
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan