BolaSkor.com - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, hanya menempati podium ketiga pada MotoGP Aragon 2020, Minggu (18/10). Namun, itu sudah cukup mengantarkan Mir sejajar dengan legenda Hamamatsu, Kenny Roberts.

Berkat podium ketiga pada MotoGP Aragon, Mir kini berstatus pemuncak klasemen sementara. Rider asal Spanyol itu mengoleksi 125 poin.

Mir menggusur pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo. Ia kini unggul 10 poin atas rider asal Prancis itu.

Pencapaian Mir melepas dahaga Suzuki selama 20 tahun. Terakhir kali rider pabrikan asal Jepang itu bertengger di puncak klasemen terjadi pada musim 2000 bersama Kenny Roberts.

Perjalanan Suzuki di MotoGP bak roller coaster. Sempat vakum beberapa musim, Suzuki akhirnya memutskan kembali pada 2014.

Perlahan, Suzuki mulai kembali menunjukkan tajinya, terutama pada MotoGP 2020. Di musim ini, Suzuki berhasil merebut kemenangan pertama mereka.

Baca Juga:

Klasemen MotoGP 2020: Joan Mir Naik ke Puncak

Hasil MotoGP Aragon: Rins Juara, Mir Kudeta Posisi Quartararo

Bukan Mir, melainkan Alex Rins. Rider asal Negeri Matador itu mengunci kemenangan pada MotoGP Aragon.

Untuk Rins, ini menjadi kemenangan pertamanya pada MotoGP. Sementara bagi Mir, merupakan podium keempat setelah Austria, Emilia Romagna, dan Catalunya.

“Sangat disayangkan karena dalam beberapa bagian balapan saya merasa sangat kuat. Tapi hari ini bukan harinya untuk menang, melainkan hari untuk merebut puncak klasemen pebalap. Jadi sangat senang untuk itu,” ujar Mir.

MotoGP 2020 hanya menyisakan empat balapn lagi. Jika Mir bisa konsisten menembus podium, bukan tidak mungkin gelar juara bisa didapatnya.

Namun, Mir enggan jemawa. Banyak masalah yang harus diperbaiki Suzuki, targetnya saat ini adalah merebut kemenangan perdana.

“Kami akan mencoba memperbaiki masalah di bagian terakhir agar lebih baik di akhir pekan depan," kata Mir.