BolaSkor.com - Suzuki mengawali MotoGP 2020 dengan tidak menyenangkan. Alex Rins yang diunggulkan menderita cedera sementara Joan Mir gagal menyelesaikan balapan.

Nasib lebih baik di seri kedua yang berlangsung di Sirkuit Jerez. Mir menempati peringkat kelima sementara Rins di posisi ke-10. Sayang, Mir kembali gagal menyelesaikan balapan di Republik Ceska.

Sampai balapan ketiga, mungkin baik Mir maupun Suzuki sama sekali tidak menyangka bisa memenangi juara dunia. Maklum, saat itu Andrea Dovizioso dan Fabio Quartararo masih merajalela.

Baca Juga:

Joan Mir dan Deretan Kaisar Suzuki yang Pernah Menjadi Juara Dunia

Hasil MotoGP Valencia: Joan Mir Juara Dunia, Kado Manis untuk 100 Tahun Suzuki

Joan Mir

MotoGP Austria menjadi titik balik Mir dengan Suzuki. Sejak saat itu hingga MotoGP Catalunya, pembalap berusia 23 tahun tersebut selalu masuk lima besar.

Dalam 10 balapan selanjutnya, Mir hanya tiga kali gagal meraih podium. Mir masing-masing tiga kali di peringkat kedua dan ketiga serta satu kali meraih kemenangan.

Perlahan tapi pasti Mir merebut peringkat pertama klasemen sementara MotoGP 2020. Sayang, suara sumbang mengiringi keberhasilannya tersebut.

Apalagi, sampai MotoGP Eropa pekan lalu Mir tidak pernah memenangi satu seri pun. Dia juga dianggap beruntung karena Marc Marquez sedang menderita cedera.