Johan Cruyff Bakal Malu Lihat Kondisi Barcelona Saat Ini

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 18 Agustus 2022
Johan Cruyff Bakal Malu Lihat Kondisi Barcelona Saat Ini
Foto mendiang Johan Cruyff (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona mengawali LaLiga 2022-2023 dengan hasil imbang 2-2 melawan Rayo Vallecano di Camp Nou. Parahnya lagi Barca juga bermain dengan 10 pemain setelah Sergio Busquets menerima kartu merah.

Kendati tidak kalah, hasil imbang itu jadi sorotan mengingat betapa jor-jorannya Barcelona belanja pemain dari Pablo Torre, Raphinha, Robert Lewandowski, hingga Jules Kounde serta dua pemain gratisan Andreas Christensen dan Franck Kessie.

Barcelona pun semakin jadi sorotan karena finansial klub sedianya tidak dalam kondisi sehat, dengan adanya hutang sebesar 1,3 miliar euro dan Barcelona justru belanja transfer hingga mencapai 150 juta euro atau lebih.

Barcelona punya strategi untuk 'mengakalinya' seperti menggunakan tuas ekonomi (economic lever), menjual sebagian saham dari hak siar televisi dan nama stadion, hingga memangkas gaji pemain.

Baca Juga:

Bernardo Silva Dibanderol Selangit, Bagaimana Respons Barcelona?

Bernardo Silva Legawa Bertahan di Manchester City, Upaya Barcelona Kian Sulit

Ditaksir Barcelona, Bernardo Silva Bahas Masa Depannya di Manchester City

Frenkie de Jong

Frenkie de Jong jadi salah satu nama yang juga jadi sorotan karena ia ingin bertahan, meski diburu Manchester United dan Chelsea, tapi jika bertahan ia harus memangkas gajinya dan bahkan mengancamnya dengan akan mengambil tindakkan hukum jika tak melakukannya.

Menilik situasi Barcelona itu legenda sepak bola asal Belanda, Marco van Basten, menilai kondisi Barcelona saat ini menyedihkan. Bahkan menurutnya legenda sekaligus mantan pelatih Barcelona, Johan Cruyff, akan kecewa melihat klub saat ini.

"Saya pikir Johan Cruyff akan malu melihat bagaimana sikap Barca hari ini. Menurut pendapat saya, perilaku FC Barcelona jauh di bawah standar mereka," terang Van Basten sebagaimana dilansir dari Football-Espana.

Kompatriot Van Basten yang notabene mantan pemain Real Madrid, Rafael van der Vaart, juga berpendapat demikian. Ironis, klub sekaliber Barcelona tak bisa membayar gaji pemain mereka sendiri sesuai dengan kontrak.

"Mereka (Barcelona) seharusnya malu pada diri mereka sendiri," tambah Van der Vart kepada Studio Voetbal.

"Apakah akan ada seseorang yang membela para pemain? Dengar Barcelona, sejauh ini dan tidak lebih jauh. Ini konyol, bukan begitu? Mereka membeli pemain, semua presentasi bagus, tetapi mereka bahkan tidak bisa membayar pemain mereka sendiri," urai Van der Vaart.

Marco Van Basten Barcelona FC Barcelona Johan Cruyff
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan