Joko Driyono Jadi Ketum PSSI Sampai Kongres Tahunan 2020

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 20 Januari 2019
Joko Driyono Jadi Ketum PSSI Sampai Kongres Tahunan 2020
Joko Driyono. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Joko Driyono akan mengemban tugas Ketua Umum PSSI hingga kongres tahun depan. Akan tetapi, mantan Wakil Ketua Umum PSSI tersebut terbuka dengan wacana Kongres Luar Biasa (KLB) nantinya pada Kongres Tahunan 2020. Jika KLB terjadi, itu artinya PSSI bakal memilih ketua umum yang baru.

Berdasarkan statuta, PSSI dapat menggelar KLB dengan syarat, 50 persen pemilik suara atau voters menyetujui rencana itu. KLB lalu baru dapat digelar tiga bulan setelah diserahterimakan kepada Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

“Di Statuta PSSI pasal 39 ayat 6 disebutkan maka Waketum tertua ambil posisi itu (Ketua Umum PSSI) sampai kongres berikutnya,” ujar Joko seusai Kongres PSSI di Hotel Sofitel, Bali, Minggu (20/1).

“Inisiatif pemilihan ketum baru ada mekanismenya. Bisa dijaring dari keinginan voters. Insiatif dari Exco PSSI jika diminta KLB maka dijalankan. Saya memiliki tugas meneruskan jika ada permintaan KLB maka akan dijalankan,” kata Joko menambahkan.

Baca Juga:

PSSI Pastikan Piala Presiden 2019 akan Bergulir

PSSI Pastikan Liga 1 dan Liga 2 Digelar Mei

Cerita di Balik Mundurnya Edy Rahmayadi dari Jabatan Ketua Umum PSSI

Adapun, Statuta PSSI pasal 39 ayat 6 berbunyi, Waketum PSSI akan mengisi posisi yang ditinggalkan Ketum PSSI untuk sementara waktu maupun permanen. Terdekat, jadwal kongres berikutnya adalah tahun depan.

“Apabila Ketua Umum secara permanen atau sementara berhalangan dalam melaksanakan tugas resminya, Wakil Ketua Umum akan mewakilinya sampai dengan Kongres berikutnya. Kongres ini akan memilih Ketua Umum yang baru, jika diperlukan,” tulis pasal tersebut.

Sebelumnya, Edy Rahmayadi memutuskan unduk mundur dari posisinya sebagai Ketum PSSI dalam kongres tahunan. Posisinya diambil alih oleh Joko yang sebelumnya menduduki waketum. (Laporan Langsung Muhammad Adiyaksa dari Bali)

Joko driyono Pssi PSSI Kongres tahunan pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.063

Bagikan