Joko Susilo Mengingat Ambisi Tinggi Mitra Surabaya Pasca-Akuisisi Niac Mitra

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 07 Mei 2020
Joko Susilo Mengingat Ambisi Tinggi Mitra Surabaya Pasca-Akuisisi Niac Mitra
Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Joko Susilo menjadi satu dari segelintir pesepak bola yang menjalani karier cukup lengkap, setelah berlaga pada era kompetisi Galatama hingga Liga Indonesia.

Gethuk, sapaan karibnya, juga menjadi bagian dari cerita perjalanan Niac Mitra yang beralih nama menjadi Mitra Surabaya, akhir tahun 1990 silam. Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan media cetak yang dipimpin Dahlan Iskan, menjadikan klub itu berganti nama.

"Waktu itu, salah satu syarat proses akuisisi, adalah Niac harus bisa mempertahankan 11 pemain pilihan. Saya termasuk pemain muda di posisi striker," ucap Gethuk saat berbincang dengan rekan media termasuk Bolaskor.com.

Syarat itu pun dipenuhi oleh pemilik Niac Mitra, sehingga sah menyandang nama baru menyambut kompetisi Galatama musim 1991. Investasi pihak pembeli klub waktu itu sangat serius, dengan ingin menjadikan Mitra Surabaya sebagai klub profesional.

Baca Juga:

PSSI Tolak Pemotongan Subsidi Klub Liga 1 dan Liga 2 yang Diajukan PT LIB

Minta Persetujuan PSSI, PT LIB Ingin Potong Subsidi Klub Liga 1 dan Liga 2

Termasuk dengan memperlakukan para pemain, untuk tidak cerdas saja di dalam lapangan. Namun pesepakbola juga mesti pintar di luar lapangan, dengan melatih mereka sebagai orang kantoran.

"Ada beberapa pemain yang terpilih untuk diproyeksikan bekerja di kantor perusahaan koran tersebut. Saya sempat ikut pelatihan di depan komputer, menata lay-out koran dan sebagainya," ungkap Gethuk.

Namun, keinginan mendapatkan menit bermain tinggi membuatnya harus meninggalkan Mitra pada ujung tahun 1992. Dan terbukti, kepindahan Gethuk ke Arema pada pertengahan musim kompetisi, berujung pada gelar juara Galatama pada tahun 1993 silam.

"Ya belum rejekinya. Misal kalau bertahan di klub itu, bisa jadi saya sekarang pegawai kantoran," pungkas pelatih kelahiran Cepu, kabupaten Blora, berusia 49 tahun tersebut. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Joko susilo Persik kediri Liga 1 Galatama Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan