BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2036. Ibu Kota Nusantara (IKN) disiapkan sebagai tempat belangsungnya pesta olahraga terbesar di dunia itu.

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi di Bali, dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (16/11).

Jokowi sebagai Ketua G20 2022 bersama para pemimpin G20 menekankan pentingnya olahraga, baik untuk kesehatan hingga perdamaian dunia.

Baca Juga:

Presiden Jokowi: Pemerintah dan FIFA Jamin Piala Dunia U-20 2023 Aman Digelar

Presiden Jokowi Sebut Stadion Kanjuruhan Dibangun Ulang untuk Jadi Contoh Standar FIFA

"Saya, sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," ungkap Jokowi.

Jokowi menilai, kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade berikutnya akan menegaskan pentingnya netralitas dalam ajang olahraga internasional.

Seperti diketahui, Olimpiade Dan Paralimpiade Berikutnya adalah Olimpiade Paris 2024, Milano-Cortina untuk 2026 (musim dingin), Los Angeles untuk 2028, Brisbane untuk 2032, dan Youth Olympic Games 2024 di Gangwon (musim dingin) dan Dakar di 2026.

"(Kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade) akan menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga," ujar Jokowi.