BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menepati janji memberikan bonus kepada atlet peraih medali emas Asian Para Games 2018 dalam tempo singkat. Seluruh bonus sudah dicairkan di Istana Bogor, Sabtu (13/10).

Pemerintah tidak membedakan jumlah bonus yang diterima atlet Asian Games dengan Asian Para Games. Setiap keping medali emas tetap dihargai Rp 1,5 miliar rupiah.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan bonus lain dengan memberi kesempatan setiap atlet menjadi Pegawai Negeri Sipil. Setiap atlet juga berhak mendapat hadiah rumah.

"Sejak awal saya melihat dedikasi kerja keras dalam berlatih dalam menyiapkan diri menghadapi Asian Para Games 2018. Sebuah kerja keras luar biasa," ujar Joko Widodo.

"Terserah hendak digunakan untuk apa, itu sesuai prestasi Bapak dan Ibu semua. Negara kita tak akan rugi karena kalian telah mengangkat nama Indonesia ke kancah Asia," sambungnya.

Presiden juga turut mengomentari prestasi Indonesia yang melampaui target pada Asian Para Games 2018. Kontingen tuan rumah tadinya hanya dipatok meraih 16 medali emas.

Namun, prestasi Indonesia justru melesat. Total jumlah medali yang dikumpulkan atlet tanah air mencapai 37 medali emas, 47 medali perak, dan 51 perunggu.

"Target 16 emas, masuk 8 besar, ternyata meleset semuanya. Meleset ke atas. Waktu saya melihat, saat itu kita baru dapat sembilan emas. Tapi, saya yakin sebenarnya kita bisa dapat 18 emas, atau paling tidak target sudah terlampaui. Hari berikutnya, saya diberitahu, medali emas sudah 24, berikutnya 34. Tadi saya diberitahu, pasti 35. Kalau masuk 35, kita bisa masuk ranking 5 besar," tutur Joko Widodo.