BolaSkor.com - Megabintang Portugal Cristiano Ronaldo saat ini sudah dikenal sebagai superstar sepak bola - bersama Lionel Messi - karena prestasi dan kesuksesan yang sudah diraihnya pada level individu hingga kolektif. Semua diraihnya melalui kerja keras.

Cristiano Ronaldo melewati proses bertahap menuju kesuksesan, khususnya ketika dia dibentuk oleh Sir Alex Ferguson di Manchester United untuk menjadi 'monster' dunia sepak bola - bisa disebut Frankenstein-nya sepak bola.

Ferguson menggembleng Ronaldo dari segi karakter, kualitas, hingga mentalitas juara selama enam tahun memperkuat United (2003-2009). Dalam kurun waktu itu Ronaldo memenangi tiga titel Premier League, satu Piala FA, dua Piala Liga, dan satu Liga Champions - plus satu Ballon d'Or.

Baca Juga:

Lionel Messi Tak Perlu Tiru Langkah Cristiano Ronaldo Gonta-ganti Klub

Cristiano Ronaldo Lebih Baik ketimbang Lionel Messi dan Pele Pemain Terhebat

Erling Haaland Bikin Manchester United Kembali Gigit Jari

Cristiano Ronaldo

"Ferguson sukses menciptakan atmosfer kekeluargaan dan itulah yang membantu United meraih hasil positif di lapangan," tutur Ronaldo mengenai Ferguson di BBC.

"Ferguson mengundang semua pemain untuk makan siang atau minum teh bersama. Semua seperti keluarga, dan bagi saya, Ferguson adalah ayah dalam dunia sepakbola saya."

Begitulah Ronaldo memandang sosok manajer legendaris Man United itu. Ya, semua itu belum tentu akan terjadi apabila Ronaldo memilih Arsenal, Liverpool, atau klub lainnya ketika dia masih memperkuat Sporting Lisbon pada 2003.

Menurut pengakuan agennya yang notabene agen super Eropa, Jorge Mendes, hanya Sir Alex Ferguson yang sangat ingin merekrut kliennya kala itu sementara klub-klub lain hanya ingin meminjamnya.

"Saya selalu berpendapat bahwa sang pelatih, pada akhirnya, merupakan komponen terpenting dalam transfer apa pun. Cristiano Ronaldo adalah contoh sempurna," cerita Mendes dikutip dari Goal.

"Setiap klub menginginkannya, tetapi mereka semua ingin dia memiliki musim lain sebagai pemain pinjaman kembali ke Sporting."

"Satu-satunya orang yang tampaknya bersedia menerimanya segera adalah Sir Alex Ferguson dan, pada saat itu, saya tidak ragu itu adalah solusi terbaik."

"Keputusan saya, dibuat tanpa berpikir dua kali, Manchester United adalah klub yang ideal baginya. Saya yakin, jika Cristiano Ronaldo tetap di Sporting, ia tidak akan memainkan setengah pertandingan yang ia mainkan untuk Manchester di musim pertama, pada akhirnya, ia terpilih sebagai pemain terbaik tim oleh para penggemar," tutur Mendes.

Transfer itu akhirnya menjadi kenyataan pada 2003. Man United merekrutnya sebesar 12,24 juta poundsterling dari Sporting dan langsung diberi nomor punggung 7 warisan George Best, Eric Cantona, dan David Beckham. Sisanya menjadi sejarah yang tak lekang oleh waktu.