Jose Mourinho Balas Kritikan Pengamat Sepak Bola Menyoal Gaya Bermainnya di Man United

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 10 Maret 2018
Jose Mourinho Balas Kritikan Pengamat Sepak Bola Menyoal Gaya Bermainnya di Man United
Jose Mourinho serang balik pengkritik yang mengomentari permainan Manchester United (Getty Images)

BolaSkor.com - Pekan 30 Premier League akan dibuka dengan laga yang mempertemukan Manchester United kontra Liverpool. Bertajuk North West Derby, pertandingan akan berlangsung di Old Trafford pada malam ini (10/3) pukul 19.30 WIB.

Kedua tim sedianya berada dalam momentum bagus melalui hasil-hasil positif yang diraih belakangan ini. Tetapi, Man United dan Liverpool mendapatkan perlakuan yang berbeda dari perspektif komentar atau kritikan mengenai gaya bermain.

Liverpool-nya Jurgen Klopp dipuji karena menampilkan permainan yang ofensif, enerjik, dengan intensitas tinggi, dan menjadikan Mohamed Salah sebagai top skor tim. Sedangkan Man United, banyak dikritik karena terlalu defensif dan cenderung berhati-hati di bawah asuhan Jose Mourinho.

Pada laga terakhirnya, Man United nyaris gagal membawa pulang tiga poin atau bahkan satu poin, kala menyambangi Selhurst Park, markas Crystal Palace. Red Devils sempat tertinggal 0-2 sebelum melakukan comeback dramatis dan berbalik menang 3-2.

Legenda Man United yang kini jadi pengamat sepak bola, Gary Neville, mengkritik permainan mantan timnya itu dan membandingkannya jauh dengan Manchester City arahan Pep Guardiola.

Mourinho pun membalasnya dengan menyindir karier manajerial Neville yang hanya bertahan seumur jagung, setelah sebelumnya sempat melatih Valencia selama empat bulan dan kemudian dipecat. Balasan Mourinho sangat mengidentifikasikan dirinya sebagai manajer yang penuh kontroversi.

"Beberapa orang dengan sebuah opini tidak dapat menyelesaikan masalahya sendiri ketika mereka menjadi manajer, jadi mereka memberikan opini seolah mereka memiliki solusi untuk segalanya, tapi nyatanya tidak seperti itu," cetus Mourinho, dilansir dari Telegraph, Sabtu (10/3).

"Tapi, mereka berada dalam posisi di mana mereka dapat memberikan opini untuk segalanya. Terkadang, saya membaca dan mendengarnya, terkadang tidak. Pekan ini, saya lebih fokus menikmati Liga Champions dan Liga Europa, dan menyiapkan pertandingan ketimbang fokus kepada opini-opini," terangnya.

Kritikan mengenai pendekatan strategi parkir bus Mourinho memang banyak dikritik pengamat sepak bola, karena tidak sesuai dengan identitas Man United yang sudah sangat kental dengan nuansa Sir Alex Ferguson di masa lalu. Bahkan, beberapa kritikan itu mengarah kepada pemain sekaliber Paul Pogba, Alexis Sanchez, hingga Romelu Lukaku.

Premier League Jose Mourinho Gary Neville Jurgen Klopp Manchester United Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan