BolaSkor.com - AS Roma akan menjamu Inter Milan pada pertandingan pekan ke-16 Serie A 2021-2022, di Stadio Olimpico, Minggu (5/12) dini hari WIB. Sorotan mata tertuju kepada Jose Mourinho yang punya cerita manis bersama Nerazzurri.

Mulai musim ini, Jose Mourinho berada di belakang kemudi AS Roma. The Special One membawa Roma menempati posisi kelima klasemen sementara.

Baca Juga:

Christian Eriksen Menolak Menyerah

Inter Milan Pasrah Christian Eriksen Dilarang Bermain di Italia

Selamatkan Eriksen, Kjaer dan Tim Medis Denmark Dapat Penghargaan Dari UEFA

Kali ini, lawan yang akan dihadapi sangat spesial untuk Mourinho. Sebab, pelatih asal Portugal itu pernah membawa Inter menjadi satu-satunya klub Italia yang meraih treble winner.

Rupanya, menilik masa lalu, Mourinho bukanlah pelatih pertama yang pernah menukangi Inter dan Roma. Setidaknya ada tiga pelatih yang punya kisah mirip Mourinho seperti di bawah ini:

Helenio Herrera

Nama pertama adalah Helenio Herrera yang merupakan pelatih legendaris Inter Milan. Pada eranya, muncul julukan La Grande Inter jilid satu berkat raihan dua trofi beruntun di European Champions Club Cup Winner atau yang saat ini disebut Liga Champions.

Selain itu, Herrera juga membawa Inter tiga kali juara Serie A pada periode pertamanya memimpin La Beneamata. Herrera juga orang yang memperkenalkan taktik catenaccio.

Helenio Herrera sempat menjadi pelatih Giallorossi pada 1968 hingga 1973. Ia juga mengukir tinta emas dengan membawa Roma juara Coppa Italia.

Kemudian, Helenio Herrera kembali ke Inter Milan pada awal musim 1973-1974. Namun, Herrera hanya mendapatkan kesempatan 24 kali memimpin Inter.

Claudio Ranieri

Claudio Ranieri memiliki rekam jejak banyak klub dalam catatan kariernya. Inter Milan dan Roma pun pernah merasakan tangan dingin The Tinkerman.

Ranieri melatih Roma dan Inter pada waktu yang berdekatan. Jika Ranieri memimpin Roma sejak 2009 hingga 2011, periodenya di Inter adalah 2011 hingga 2012.

Sayangnya, di antara kedua klub tersebut, Ranieri tidak pernah mempersembahkan gelar juara. Catatan terbaiknya bersama klub Italia diukir bersama Fiorentina.

Luciano Spalletti

Inter Milan merekurut Luciano Spalletti dari AS Roma pada musim panas 2017. Spalletti datang mengisi posisi yang ditinggalkan Roberto Mancini.

Awalnya, Spalletti berada di belakang kemudi Roma pada 2005 hingga 2009. Kemudian, ia sempat berlabuh ke Zenit St. Petersburg selama lima tahun sebelum kembali ke Roma.

Catatan prestasi Spalletti di Roma adalah dua titel Coppa Italia dan gelar Piala Super Italia. Sementara itu, bersama Il Biscione, target lolos Liga Champions tercapai.