BolaSkor.com - 11 tahun berlalu sejak Jose Mourinho meninggalkan Serie A Italia dan kini sang manajer kembali melatih klub Italia. The Special One melatih klub Ibu Kota AS Roma setelah pada 2010 membesut Inter Milan.

Kala meninggalkan Inter pelatih asal Portugal pergi dengan warisan treble winners bersejarah pada 2010. Setelahnya Mourinho melatih Real Madrid, Chelsea, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Roma di awal musim Serie A 2021-2022 juga menikmati 'bulan madu' dengan Mourinho melalui dua kemenangan beruntun, yakni saat melawan Fiorentina (3-1) dan Salernitana (4-0). Kemenangan melawan Fiorentina cukup spesial.

Baca Juga:

Jose Mourinho Ubah Roma Jadi Penantang Scudetto

Debut Pertama Mourinho di Roma: Ukir Rekor, Abraham Bersinar

Profil Joaquin Correa: Banyak Jalan Menuju Milano

Jose Mourinho

Itu jadi kemenangan Roma di Stadio Olimpico alias laga kandang dan menambah panjang catatan tak pernah kalah Mourinho. Catatan itu adalah laga kandang tak pernah kalah (unbeaten) di Serie A.

Selama dua musim dengan Inter, Mourinho tak pernah kalah di laga kandang (Giusseppe Meazza) dan itu diperpanjang kala Roma mengalahkan Fiorentina. Menurut data dari Opta kini Mourinho tak terkalahkan di laga kandang Serie A sebanyak 49 pertandingan.

Dengan catatan itu Mourinho sudah melalui jumlah laga kandang unbeaten di Serie A milik Fabio Capello, yang punya catatan 38 laga kandang tak pernah kalah di Serie A sebagai pelatih Roma pada medio 2000-2002.

Saat ini hanya Massimiliano Allegri, pelatih Juventus, yang ada di atas Mourinho dengan catatan 51 laga kandang unbeaten. Itu dicatatkannya pada periode pertama membela Juventus.

Mourinho perlu tiga laga kandang tak terkalahkan lagi di Serie A untuk melalui rekor Allegri. Tiga laga kandang Roma itu adalah saat melawan Sassuolo (12/09), Udinese (23/09), dan Empoli (03/10).

Selain itu Mourinho juga memiliki catatan 150 laga kandang tak pernah kalah dengan empat klub berbeda pada medio 2002-2011, yaitu saat melatih Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid.