BolaSkor.com - Derby London Utara di pekan 35 Premier League antara Tottenham Hotspur kontra Arsenal di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/07) malam WIB dimenangi oleh tuan rumah dengan skor 2-1.

Dua gol Spurs dilesakkan oleh Son Heung-min (19') dan Toby Alderweireld (81') yang membalas gol Alexandre Lacazette (16'). Spurs menang dengan permainan yang sudah identik dengan filosofi sepak bola Jose Mourinho.

Spurs kalah penguasaan bola 37 persen berbanding 63 persen namun melepaskan lebih banyak tendangan (13) dan delapan di antaranya tepat sasaran. Sementara Arsenal arahan Mikel Arteta melepaskan 12 tendangan dan empat tepat sasaran.

Spurs naik ke urutan delapan klasemen dengan raihan 52 poin terpaut dua poin dari Arsenal di peringkat sembilan. Menurut Mourinho kemenangan itu terjadi karena Spurs memiliki determinasi lebih kuat untuk memenangi laga.

Baca Juga:

Jose Mourinho Sesumbar Persembahkan Trofi untuk Tottenham Hotspur

Arsenal yang Alergi Ketika Unggul

Tottenham 2-1 Arsenal: The Lilywhites Salip The Gunners

Jose Mourinho

"Saya pikir pertandingan itu lebih taktis daripada apa pun," ujar Jose Mourinho dikutip dari Sky Sports.

"Sejujurnya saya pikir Mikel menemukan cara bagi mereka untuk bermain, menjadi stabil dan berkembang - mereka berkembang dan kami merasa bahwa kami harus beradaptasi sedikit terhadap mereka dan saya pikir kami melakukannya dengan sangat baik."

"Karena berapa kali (Kieran) Tierney dan (Hector) Bellerin biasanya mencapai sepertiga terakhir dan seberapa baik mereka dikendalikan hari ini. Saya pikir mereka sangat dikendalikan pada level itu."

"Bahkan di periode pertama babak kedua ketika mereka memiliki lebih banyak bola dan mereka lebih banyak bermain di pertahanan kami, kami cukup nyaman dalam situasi itu."

"Saya pikir juga dua gelandang, mereka melakukan pekerjaan yang bagus dan kemudian kami menemukan peluang dan semangat kami, (itu) sangat membantu.

"Saya pikir selama pertandingan tidak ada yang memikirkannya, bahkan saya sendiri tidak, tetapi Arsenal punya waktu 48 jam lebih banyak daripada kami untuk beristirahat, jadi sulit tetapi datang dari hati mereka upaya ini, pertempuran ini."

"Bahkan di menit-menit terakhir pertandingan setelah 2-1, tidak ada masalah, semuanya terkendali sehingga kami senang," pungkas Jose Mourinho.

"Kami senang karena kami membuat para penggemar senang, kami bahagia karena kami masih dalam perjuangan untuk memenangkan posisi Liga Europa."

Hasil itu memastikan satu hal: Jose Mourinho masih jadi momok untuk Arsenal. Menurut catatan Opta Mourinho sudah menjadi tuan rumah melawan Arsenal selama 10 kali (sebelumnya dengan Chelsea dan Manchester United) dan tidak pernah kalah: menang enam kali dan imbang empat kali.

Spurs juga menambah catatan apik tak pernah kalah di Derby London Utara (empat kemenangan dan dua hasil imbang).