Jose Mourinho Sebut Orang Pintar Paham Man United Dalam Masa Transisi Saat Ini

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 23 Maret 2018
Jose Mourinho Sebut Orang Pintar Paham Man United Dalam Masa Transisi Saat Ini
Jose Mourinho yakin orang yang cerdas memahami situasi Man United saat ini (Getty Images)

BolaSkor.com - Lolosnya Manchester United ke semifinal Piala FA tidak meredakan kritikan kepada skuat tim saat ini, khususnya Jose Mourinho. Red Devils masih saja dikritik dengan gaya bermain mereka yang cenderung terlalu berhati-hati, defensif, seperti yang mereka perlihatkan kala kalah 1-2 dari Sevilla di 16 besar Liga Champions.

Kekalahan Man United di Liga Champions semakin melengkapi musim buruk mereka, yang juga telah tersingkir dari ajang Piala Liga. Bahkan di Premier League, mereka terpaut 16 poin dari pemuncak klasemen yang baru sekali kalah, Manchester City. Ini jelas menjadi penurunan bagi Man United, yang musim lalu meraih titel Community Shield, Piala Liga, dan Europa League - tiga trofi, meski dua trofi pertama bukan trofi besar.

Mourinho, sudah berulang kali menjelaskan bahwa timnya masih berada dalam fase transisi saat ini. Pria yang menjuluki dirinya The Special One itu pun tidak lelahnya mengulang perkataannya tersebut.

"Saya memahami kesedihan karena tersingkir dari Liga Champions, tapi setelahnya, lebih dari itu, saya tak lagi memahaminya. Dalam sejarah sepak bola di seluruh dunia, tidak hanya di Inggris, Anda melihat klub-klub besar dalam momen transisi, klub-klub besar dalam momen kontinuitas dan kemenangan permanen, dan fase-fase tersebut dialami klub saat ini," terang Mourinho, dinukil dari BBC Sport, Jumat (23/3).

Persis sesaat sebelum laga melawan Brighton & Hove Albion di perempat final Piala FA berlangsung, Mourinho melontarkan pembelaan selama 12 menit mengenai apa yang sudah dilakukan dan terjadi di Man United saat ini. Ia pun coba mengulangnya kembali.

Masa transisi Man United dimulai dari mundurnya manajer legendaris, Sir Alex Ferguson, di tahun 2013 dan dilanjutkan oleh David Moyes hingga Louis van Gaal. Mourinho kini menjalani musim keduanya bersama Man United. Namun, ia masih yakin saat ini Antonio Valencia cs berada di masa transisi, sebelum bisa dianggap kandidat juara Premier League.

Dengan cetus, Mourinho berkata hanya orang yang pintar, memiliki wawasan akan sepak bola, dan berpikiran logis, yang tahu bahwa Man United saat ini ada di fase transisi, setelah bertahun-tahun silam menguasai Inggris.

"Melihat kami di Premier League saat ini kami punya satu tim, satu klub yang jelas lebih siap dibanding kami dari beberapa tahun terakhir untuk ada di urutan pertama, dan 18 klub di belakang kami. Satu di depan kami, 18 di belakang kami," imbuh Mourinho.

"Tentu saja, di masa depan kami ingin 19 klub di belakang kami. Tapi faktanya, faktanya untuk orang-orang yang berpikir, dengan nalar pikiran, dengan pengetahuan akan sepak bola, kami berada di momen transisi. Dalam momen tersebut, kami masih mampu melakukan apa yang dilakukan di musim lalu, dan memenangi trofi, dan coba melakukannya musim ini, untuk berusaha meraih trofi dan menempati urutan kedua. Saya pikir kami berada di posisi yang bagus," pungkasnya.

Jose Mourinho Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan