Josko Gvardiol, Bek Muda Kroasia Buruan Banyak Klub Eropa

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 13 Desember 2022
Josko Gvardiol, Bek Muda Kroasia Buruan Banyak Klub Eropa
Josko Gvardiol (Twitter)

BolaSkor.com - Perjalanan impian timnas Kroasia hingga menembus semifinal Piala Dunia 2022 mengorbitkan satu nama pemain muda berbakat, Josko Gvardiol. Dia jadi berlian muda top di Eropa hingga banyak diburu klub-klub Benua Biru.

Menurut jurnalis sepak bola, Santi Aouna, setidaknya Chelsea dan duo Manchester, Manchester City dan Manchester United, menyiapkan tawaran sebesar 90 hingga 100 juta euro untuk coba merekrut Gvardiol dari RB Leipzig.

Piala Dunia 2022 benar-benar jadi panggung bagi Josko Gvardiol mempopulerkan namanya, tetapi - tentu saja - bukan itu yang dipikirkan Gvardiol melainkan kesuksesan untuk Kroasia yang notabene finalis Piala Dunia 2018.

Baca Juga:

Analisis - Menilik Kekuatan dan Kekurangan Semifinalis Piala Dunia 2022

Sederet Fakta Menarik dari 4 Kiper Semifinalis Piala Dunia 2022

Jadwal Siaran Langsung Semifinal Piala Dunia 2022: Argentina Vs Kroasia dan Prancis Vs Maroko

Gvardiol bersanding dengan pemain-pemain senior yang membimbing skuad seperti Luka Modric, Marcelo Brozovic, Andrej Kramaric, Ivan Perisic, Dejan Lovren. Bersama Dominik Livakovic, Gvardiol rising star Kroasia di Piala Dunia 2022.

Siapa Josko Gvardiol?

Lahir di Zagreb pada 23 Januari 2002, Gvardiol berposisi sebagai bek tengah dengan kemampuan hebat di segala aspek yang dibutuhkan untuk jadi bek tengah modern: bertahan bagus dan juga dapat membangun serangan dengan baik.

Dia produk akademi Dinamo Zagreb dan memainkan debut di tim utama pada usia 17 tahun. Selain bermain di akademi Zagreb, Gvardiol juga pernah bermain di akademi Tresnjevka.

Di mana Josko Gvardiol Bermain?

Pada September 2020 Gvardiol dibeli Leipzig dari Zagreb, mengalahkan klub top Eropa lainnya, dengan pembelian sebesar 16 juta euro plus bonus dan meminjamkannya selama semusim ke Zagreb.

Kembalinya ke Leipzig Gvardiol langsung menjadi bek tengah andalan klub Bundesliga tersebut. Lambat laun namanya mulai terdengar di Eropa karena prospek masa depan cerah. Reputasinya meyakinkan Zlatko Dalic untuk membawanya ke timnas Kroasia dan bermain di Piala Eropa 2020.

Gvardiol sudah punya 17 caps dan seolah memiliki takdir untuk masuk buku rekor Kroasia. Gvardiol menjalani Piala Dunia 2022 dengan hebat dan berpotensi terpilih jadi Pemain Muda Terbaik FIFA, kategori untuk pemain muda terbaik turnamen.

Banderol Josko Gvardiol

Cukup sulit menilik berapa banderol Gvardiol saat ini. Performa konsistennya dengan Leipzig sejauh ini di musim 2022-2023, serta di Piala Dunia, jelas meningkatkan banderolnya. Nilainya bisa mencapai lebih dari 100 juta euro untuk meyakinkan Leipzig untuk menjualnya.

Selain duo Manchester dan Chelsea, Bayern Munchen dan Real Madrid juga tertarik kepadanya. Perang harga berpotensi terjadi pada bursa transfer musim dingin (Januari 2023) atau di musim panas mendatang.

Kutipan-kutipan Kunci

"Semuanya lebih mudah di tim nasional ini ketika Anda memiliki Modric, Brozovic dan Kovacic di lini tengah. Anda tidak memiliki pikiran negatif dan Anda tidak takut pada siapa pun. Saya berharap ini bukan Piala Dunia terakhir bagi Luka, tetapi di atas segalanya saya berharap kami dapat mencapai tujuan kami di turnamen ini," tutur Josko Gvardiol.

"Gvardiol adalah pemain hebat. Dia berlatih dengan baik dan ingin belajar. Saya yakin dia akan menjadi bek yang benar-benar hebat," ucap bek kanan Kroasia, Josip Juranovic, soal Gvardiol.

Josko gvardiol Kroasia Timnas Kroasia Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan