Juara Conference League, West Ham United Tutup Musim dengan Baik

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 08 Juni 2023
Juara Conference League, West Ham United Tutup Musim dengan Baik
West Ham United juara Conference League (Twitter)

BolaSkor.com - West Ham United menyelesaikan dua misi mereka dengan baik pada musim 2022-2023. Usai memastikan tempat di Premier League untuk musim depan, The Hammers sukses menjadi juara di Eropa.

West Ham mengalahkan Fiorentina di final UEFA Europa Conference League yang dimainkan di Eden Arena, Republik Ceko, Kamis (08/06) dini hari WIB. Anak-anak asuh David Moyes menang dengan skor 2-1 dan gol penentu kemenangan dicetak dramatis di penghujung laga.

David Moyes memainkan taktik andalan 4-2-3-1. Michail Antonio memimpin lini depan, didukung pergerakan Said Benrahma, Lucas Paqueta, dan Jarrod Bowen. Sedangkan Vincenzo Italiano turun dengan formasi 4-3-3 di Fiorentina.

Tipikal tim Inggris, West Ham coba mengambil inisiatif di awal laga dan intens menyerang. Antonio sudah menciptakan peluang dari tendangan spekulatif dari luar kotak penalti, tetapi kiper Fiorentina, Pietro Terracciano, dapat menepisnya.

Baca Juga:

Resmi Tinggalkan PSG, Masa Depan Lionel Messi Masih Tanda Tanya

Menteri Olahraga Arab Saudi Beri Kode Kedatangan Messi dan Benzema

Siasat Barcelona Datangkan Lionel Messi: Pinjam dari Inter Miami

Fiorentina pun coba menyerang tetapi West Ham punya pertahanan yang kuat, plus mereka memiliki Declan Rice dan Tomas Soucek sebagai dua gelandang jangkar. Tempo melambat jelang akhir babak pertama dan skor kacamata terus bertahan pada interval pertama.

Di babak kedua VAR memiliki peran penting ketika penalti diberikan untuk West Ham. Kapten Fiorentina, Cristiano Biraghi, terlihat melakukan handball dan penalti pun diambil oleh Benrahma. Ia tak menyiakan peluang tersebut di menit 62. 1-0 West Ham unggul.

Selebrasi gol Said Benrahma (Twitter)

Fiorentina tak menyerah. Pemain veteran, Giacomo Bonaventura, mampu mencuri peluang dari kemelut di kotak penalti West Ham dan mencetak gol penyama kedudukan di menit 67. 1-1.

Permainan semakin gencar dan kedua tim tahu pentingnya satu gol jelang laga bubar. Dewi fortuna pun tersenyum kepada West Ham ketika Bowen, menerima umpan Paqueta, mencetak gol krusial penentu kemenangan di menit 90.

West Ham pun menjadi juara edisi kedua Conference League dengan skor 2-1. Sementara bagi Fiorentina, pedih bagi mereka setelah sebelumnya gagal memenangi trofi Coppa Italia.

Gol penentu kemenangan West Ham dari Jarrod Bowen (Twitter)

"Kami telah mengubah apa yang kami rasakan sebagai musim yang mengecewakan menjadi musim super. Bermain di Premier League dan bermain di sepak bola Eropa, terutama di Liga Europa atau Conference League, merupakan situasi yang sulit, tetapi kami berhasil untuk melewati keduanya. Kompetisi ini sangat luar biasa bagi kami," papar Moyes selepas laga berakhir.

Susunan Pemain

Fiorentina (4-3-3): Piero Terracciano; Cristiano Biraghi, Luca Ranieri (Igor 84'), Nikola Milenkovic, Dodo; Rolando Mandragora (Antonin Barak 90+3'), Giacomo Bonaventura, Sofyan Amrabat; Christian Kouame (Riccardo Saponara 62'), Luka Jovic (Arthur Cabral 46'), Nicolas Gonzalez

Pelatih: Vincenzo Italiano

West Ham United (4-2-3-1): Alphonse Areola; Emerson, Nayef Aguerd, Kurt Zouma (Thilo Kehrer 61'), Vladimir Coufal; Declan Rice, Tomas Soucek; Lucas Paqueta, Said Benrahma (Pablo Fornals 76'), Jarrod Bowen; Michail Antonio (Angelo Ogbonna 90+4')

Pelatih: David Moyes

Conference League West ham united Fiorentina
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan