BolaSkor.com - Real Sociedad memenangi titel Copa del Rey pertama mereka sejak 1987 atau 34 tahun lalu. Sociedad memenangi Derby Basque melawan Athletic Bilbao dengan skor 1-0 di Stadion Olimpiade Sevilla, Minggu (04/04) dini hari WIB.

Itu seyogyanya menjadi final Copa del Rey untuk musim 2019-2020. Akan tapi karena pandemi virus corona maka perhelatan final diundur dan baru dilangsungkan dini hari tadi.

Bilbao kalah tapi uniknya masih ada kans kedua mereka untuk memenanginya kembali, tentu saja bukan Copa del Rey dari musim lalu melainkan musim ini. Ya, Bilbao arahan Marcelino Garcia Toral akan berusaha menebus kekalahan dari Sociedad kala melawan Barcelona di final Copa del Rey 2020-2021, Sabtu (17/04).

Kembali ke laga melawan Sociedad, Bilbao mampu memberikan perlawanan ketat dan itu bisa dilihat dari penguasaan bola relatif berimbang 43 persen dan 57 persen Sociedad. Bilbao melepaskan lima tendangan (dua tepat sasaran) dan Sociedad enam tendangan (satu tepat sasaran).

Baca Juga:

Peluang Langka Bilbao, Potensi Menangi Dua Trofi dalam 14 Hari

Copa del Rey: Comeback Dramatis Antar Barcelona ke Final

Jules Kounde, Pembunuh Berdarah Dingin yang Penuh Senyum dan Sering Mengantuk

Selebrasi Real Sociedad

Tak banyak peluang yang tercipta dengan peluang terdekat dibuat Inigo Martinez dari jarak 25 meter yang ditepis kiper Sociedad, Alex Remiro. Satu-satunya gol tercipta di menit 63 melalui penalti Mikel Oyarzabal.

Pemain timnas Spanyol mengonversi gol dari titik putih setelah VAR memberikan penalti pasca kontak dengan Inigo Martinez. Oyarzabal dengan tenang menipu kiper Bilbao Unai Simon dan itu jadi gol penentu kemenangan Sociedad.

Arti titel untuk Real Sociedad

Dalam sejarahnya Sociedad hanya dua kali memenangi titel Copa del Rey pada 1909 dan 1987 sebelum memenanginya untuk kali ketiga tahun ini. Mikel Oyarzabal mempersembahkannya untuk fans, rekan, dan juga keluarganya.

Mikel Oyarzabal

"Ini untuk semua orang, untuk keluarga saya, untuk teman-teman saya, untuk semua Realzales," kata Oyarzabal yang emosional dalam wawancara pasca pertandingan dengan Mundo Deportivo.

"Saya sangat mencintai Anda semua, kami adalah juara dan kami akan merayakannya suatu hari nanti bersama-sama tanpa keraguan."

Tidak hanya mengakhiri penantian titel Copa del Rey sejak 1987 La Real juga mencapai final untuk kali pertama sejak 1988. Sociedad arahan Imanol Alguacil akan diingat dalam sejarah sepak bola di Spanyol.

Dalam skuadnya saat ini bercokol nama-nama senior seperti David Silva, Nacho Monreal, Asier Illarramendi, yang dikombinasikan dengan pemain-pemain berbakat layaknya Alexander Isak, Adnan Januzaj, dan Oyarzabal.

Susunan Pemain:

Athletic Bilbao (4-4-2): Unai Simon; Oscar de Marcos, Yeray Alvarez, Inigo Martinez, Yuri Berchiche (Ander Capa 93'); Alex Berenguer (Asier Villalibre 76'), Unai Vencedor (Unai Lopez 68'), Dani Garcia (Mikel Vesga 76'), Iker Muniain; Raul Garcia, Inaki Williams.

Pelatih: Marcelino Garcia Toral

Real Sociedad (4-3-3): Alex Remiro; Andoni Gorosabel (Aritz Elustondo 93'), Igor Zubeldia, Robin Le Normand, Nacho Monreal; David Silva (Ander Guevara 85'), Martin Zubimendi, Mikel Merino; Portu (Ander Barrenetxea 89'), Alexander Isak (Carlos Fernandez 89'), Mikel Oyarzabal.

Pelatih: Imanol Alguacil