BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana akan memberikan hadiah uang tunai kepada juara Liga 1 2020. Kepastian ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. Hal ini juga telah disampaikan kepada klub-klub kontestan Liga 1.

Apa yang dilakukan PT LIB ini merupakan hal baru sejak tahun 2017 silam. Sejak era Liga 1 bergulir, tim yang berhasil menjadi juara Liga 1 tidak pernah mendapatkan hadiah uang tunai di akhir musim.

"Ya rencananya untuk tim juara nanti akan mendapat hadiah uang tunai Rp1 miliar. Sementara bagi tim runner-up berhak atas hadiah sebesar Rp500 juta," kata Akhmad Hadian Lukita kepada awak media, Senin (10/8).

Baca Juga:

PT LIB Belum Kepikiran Beri Sanksi kepada Klub yang Tak Mau Ikut Lanjutan Liga 1

Regulasi Pemain U-20 di Lanjutan Liga 1, Masuk DSP tetapi Tidak Diwajibkan Main

Sebelumnya, tim juara hanya mendapatkan subsidi yang besarannya merata yang mereka dapatkan sejak awal musim dan dibagi menjadi 10 termin. Hadian memberikan alasan uang tunai ini akan menjadi jalan agar kompetisi bisa berjalan tetap kompetitif karena tak ada degradasi.

"Mungkin saja rencananya hadiah uang tunai bagi tim juara akan terus diberikan untuk musim-musim berikutnya," Akhmad menambahkan.

Selain juara dan runner-up, PT LIB juga memberika uang kepada beberapa penghargaan individu di akhir musim. Seperti pemain terbaik kompetisi dan top skorer akan mengantongi uang tunai masing-masing sebesar Rp200 juta. Sedangkan pemain muda terbaik mendapat Rp150 juta, pelatih terbaik Rp100 juta, dan tim fair play Rp50 juta.

Liga 1 2020 rencananya akan digelar pada 1 Oktober 2020 sampai 28 Februari 2021. Nantinya kompetisi kasta tertinggi di Indonesia ini akan berlangsung di Pulau Jawa dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.