BolaSkor.com - Timnas Brasil U-17 sukses meraih titel Piala Dunia U-17 2020 kala melawan Meksiko di laga final. Brasil menjadi juara Piala Dunia U-17 untuk kali keempat dan di edisi tahun ini, mendominasi penghargaan individu.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, di Bezerrao, Senin (18/11) pagi WIB, Brasil meraih kemenangan 2-1 atas Meksiko setelah sempat tertinggal satu gol dari Bryan Alonso Gonzalez Olivan di menit 66. Brasil berbalik menang via gol Kaio Jorge (84' penalti) dan Lazaro (90+3').

Brasil mendominasi permainan dengan 60 persen penguasaan bola dan 24 kali melancarkan percobaan tendangan ke gawang lawan, 10 di antaranya tepat sasaran. Sementara untuk tempat ketiga (juara tiga) ditempati Prancis yang menang 3-1 atas Belanda.

Selepas laga berakhir, seremoni pemberian penghargaan individu, pengalungan medali, dan pemberitan trofi dilakukan. Dalam empat kategori penghargaan individu: Bola Emas, Sepatu Emas, Sarung Tangan Emas, dan FIFA Fair Play, dua di antaranya dimenangi Brasil.

Baca Juga:

Cristiano Ronaldo Sudah Menangi Piala Dunia jika Bela Timnas Brasil

Pelatih Timnas Brasil Ungkap Alasan Bersitegang dengan Lionel Messi

Gelandang AC Milan Dinilai Tak Pantas Pakai Nomor 10 Timnas Brasil

Timnas Brasil U-17

Sarung Tangan Emas dimenangi oleh Matheus Donelli. Kiper Brasil yang bermain di Corinthians memberikan kontribusi besar untuk timnya. Donelli kerap jadi pembeda laga dengan aksi penyelamatan yang kerapkali dilakukannya.

"Saya benar-benar senang dan bahagia atas penghargaan ini. Saya tak mencari penghargaan individu - tujuan utama benar-benar memenangi turnamen dan kami mampu melakukannya. Kami semua sangat bahagia dan Sarung Tangan Emas ini menjadikan segalanya lebih baik lagi," tutur Donelli di laman resmi FIFA.

Gabriel Veron, penyerang sayap Brasil, mendapatkan Bola Emas karena peran kuncinya dalam permainan Brasil asuhan Guilherme Dalla Dea. Pemain Palmeiras itu mencetak tiga gol dan memberikan dua assists sepanjang turnamen.

Tiap kali menyentuh bola, Veron terlihat sangat berbahaya bagi pertahanan lawan dengan kecepatan dan talenta alamiahnya saat mendribel bola.

"Saya sangat bahagia, paling pertama dengan fakta bahwa kami telah memenangi Piala Dunia. Bola Emas hanya ceri di atas kue (penyempurna) dan saya ingin mendedikasikannya untuk keseluruhan tim," tutur Veron.

Sementara untuk raihan Sepatu Emas dimenangi oleh Sontje Hansen, striker Belanda, dengan torehan enam gol. Lalu untuk FIFA Fair Play diberikan kepada Ekuador yang menerima hanya satu kartu kuning di turnamen Piala Dunia U-17.