BolaSkor.com - Borussia Dortmund tidak menangisi kepergian Jadon Sancho ke Manchester United di bursa transfer musim panas 2021. Pasalnya Dortmund yakin dengan tradisi klub dalam mengembangkan pemain muda.

Sancho pergi pemain lain akan mengisi tempatnya. Itu bisa dilihat dengan talenta-talenta yang ada di Dortmund arahan Marco Rose saat ini dari Erling Haaland, Youssoufa Moukoko, Gio Reyna, hingga Jude Bellingham.

Nama yang disebut terakhir sudah menjadi perhatian sejak transfernya dari Birmingham City pada musim panas 2020. Usianya baru 17 tahun ketika datang ke Dortmund dan Bellingham merantau di usia muda.

Keputusan Bellingham mengikuti jejak Sancho terbukti jitu. Bellingham berkembang di lingkungan yang tepat dan musim ini jadi musim yang tepat baginya bersinar. Bellingham menggantikan Sancho.

Baca Juga:

Hasil Laga Liga Champions: Liverpool Tekuk Milan, Madrid Menang Telat atas Inter

Sederet Fakta Menarik Drama Lima Gol Liverpool Vs Milan di Anfield

Man City 6-3 Leipzig: Serba Pertama untuk Jack Grealish

6 Hal yang harus Diketahui dari Rekrutan Anyar Borussia Dortmund, Jude Bellingham

Jude Bellingham

Pertandingan pertama grup C Liga Champions 2021-2022 menjadi momen pertama Bellingham menyita atensi publik. Dortmund menang 2-1 di Besiktas Park, Istanbul, Turki pada Rabu (15/09) malam WIB.

Bellingham mencetak gol di menit 20 dari proses serangan rapih. Dia menerima bola umpan Thomas Meunier, mengontrolnya dengan dada dan mencetak gol. Kemudian dia memberikan assist untuk gol Erling Haaland di menit 45+3. Besiktas hanya mencetak satu gol dari Francisco Montero (90+4').

Bellingham terpilih sebagai Man of the Match versi UEFA atas penampilan hebatnya itu.

"Itu adalah atmosfer yang brilian. Yang paling penting adalah kami memenangkan pertandingan. Itu adalah tugas kami hari ini. Laga berjalan dengan tempo cepat, sedikit seperti bola basket," tutur Bellingham di laman resmi UEFA.

"Kami sangat senang dengan beberapa pertandingan pertama. Sangat menyenangkan memenangkan pertandingan sepak bola dengan Borussia Dortmund. Kami harus terus seperti ini."

Haaland pun tak kuasa menahan pujian untuk Bellingham. "Jude luar biasa. Dia berusia 18 tahun dan bermain sangat baik," tutur dia soal rekan setimnya itu.

Pecahkan Rekor Kylian Mbappe

Dengan golnya itu Bellingham memecahkan rekor striker PSG Kylian Mbappe yang notabene juga masih muda (22 tahun). Bellingham jadi pemain termuda yang mencetak gol beruntun di dua musim Liga Champions.

Bellingham musim lalu melakukannya kala melawan Manchester City dan kini kembali mencetak gol. Bellingham menorehkan rekor pada usia 18 tahun 78 hari, sementara rekor Mbappe ada pada usia 18 tahun 85 hari pada Maret 2017.

Selain itu Bellingham juga menjadi pemain termuda sepanjang masa Inggris yang mencetak gol tandang di Liga Champions, rekor sebelumnya dipegang Trent Alexander-Arnold (19 tahun 10 tahun) pada Oktober 2017.

Statistik memperlihatkan Bellingham bekerja dengan sangat keras kontra Besiktas, tidak hanya di fase ofensif tapi juga bertahan. Bermain di posisi sayap juga diperankannya dengan baik meski posisinya gelandang tengah.

Statistiknya adalah: 70 menit bertanding, akurasi tendangan 100 persen, 56 sentuhan bola, 10 kali memenangi duel perebutan bola, tujuh kali merebut bola, tujuh kali menyentuh bola di pertahanan lawan, lima kali berhasil melalui lawan, tiga tekel, dua sapuan bola, dua tendangan, satu assist dan gol.

"Sekarang masih terlalu awal musim dimulai dan Jude Bellingham sudah memperlihatkan perkembangan pesat, seperti rasanya dia rekrutan baru. Saya bahkan tidak bisa mengatakan batasannya," tulis Stefan Buczko, penulis sepak bola yang pernah bekerja di ESPN.