Jurgen Klopp Akui Tertekan dengan Ekspektasi Raih Trofi Musim Ini

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 24 Juli 2018
Jurgen Klopp Akui Tertekan dengan Ekspektasi Raih Trofi Musim Ini
Jurgen Klopp (Zimbio)

BolaSkor.com - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengakui dirinya di bawah tekanan untuk meraih trofi musim ini. Terlebih setelah mengeluarkan banyak uang pada bursa transfer pemain.

Untuk menghadapi musim baru, Klopp sudah mengeluarkan lebih dari 170 juta pound atau sekitar Rp3,2 triliun. Dana itu keluar untuk menyuntikan empat pemain anyar, Naby Keita, Fabinho, Xherdan Shaqiri, dan Alisson Becker.

Sejak tiba di Liverpool pada Oktober 2015, Jurgen Klopp sudah mendatangkan 19 pemain dengan total biaya 382,85 juta pound atau sekitar Rp7,2 triliun. Sepanjang itu juga Klopp melepas 20 pemain dengan meraup 268 juta pound (Rp5,1 triliun).

Namun, hingga saat ini Klopp belum berhasil membawa Liverpool meraih satu trofi. Klopp membawa The Reds tampil pada dua final pada musim perdananya, Piala Liga dan Europa League. Namun Livepool gagal menjadi juara pada dua kesempatan itu.

Musim lalu, Liverpool pertama kali tampil di Liga Champions di bawah asuhan Klopp. The Reds mampu melaju hingga laga puncak meski akhirnya harus menyerah di tangan Real Madrid.

Belum berhasil membawa trofi, Jurgen Klopp menyadari dirinya di bawah tekanan untuk mengakhiri puasa titel Liverpool di bawah asuhannya. Apalagi musim ini ekspektasi semakin besar.

"Saya tidak bisa menggaransi. Tetapi saya mengerti orang-orang berpikir itu. Saya tahu tentang ekspektasi dan itu sangat normal," papar Klopp seperti dikutip Sky Sports.

"Hal pertama adalah kami harus bermain sepak bola yang bisa memberi kesempatan untuk memenangkan sesuatu. Kami tidak bisa berbicara soal memenangkan sesuatu sebelum memulai musim," urai Klopp.

Meski enggan mengumbar janji, Klopp percaya apa yang ditampilkan Liverpool musim lalu bisa menjadi modal kuat untuk mengarungi musim baru.

"Apa yang ditampilkan tahun lalu tidaklah mudah. Banyak yang harus dikerjakan untuk bisa bermain seperti itu. Itulah yang akan kami lakukan lagi," kata Klopp.

Tentang aktivitas Liverpool di bursa transfer, Klopp menilai semua itu merupakan hal normal. Semua klub aktif mencar pemain baru.

"Mereka tentu tidak akan menjadi lebih lemah daripada musim sebelumnya. Manchester City mendatangkan Riyad Mahrez. Manchester United juga melakukan hal yang sama. Ini sangatlah normal."

Liverpool Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.079

Bagikan