Jurgen Klopp Bisa Jadi Pelatih yang Ideal untuk Bayern Munchen

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 28 Maret 2018
Jurgen Klopp Bisa Jadi Pelatih yang Ideal untuk Bayern Munchen
Jurgen Klopp pantas melatih Bayern Munchen (Getty Images)

BolaSkor.com - Bayern Munchen masih mencari pelatih yang akan menggantikan Jupp Heynckes di akhir musim nanti. Pelatih berusia 72 tahun itu hanya dikontrak semusim oleh Bayern, setelah ditunjuk menggantikan Carlo Ancelotti yang dipecat di awal musim.

Beberapa nama naik ke atas permukaan sebagai kandidat, mereka adalah: Luis Enrique, Thomas Tuchel, Jurgen Klopp, dan Julian Nagelsmann. Di antara nama-nama yang muncul sebagai calon pelatih Bayern berikutnya, nama Klopp pantas dikedepankan. Klopp yang saat ini melatih Liverpool, sudah sangat berpengalaman selama 14 tahun melatih di Bundesliga bersama Mainz 05 dan Borussia Dortmund.

Dalam kurun waktu tersebut, Klopp sukses memberikan dua titel Bundesliga, satu DFB-Pokal, dan dua DFL-Supercup kepada Dortmund. Pria berusia 50 tahun itu selalu jadi kandidat pelatih Bayern semenjak meninggalkan Dortmund pada tahun 2015 silam. Namun pada akhirnya, tidak pernah benar ada tawaran kongkrit dari Bayern untuk mendatangkannya.

"Saya harus berkata bahwa Bayern sering menjadi opsi karena Jurgen mengenal Uli Hoeness dengan sangat baik. Tapi, waktunya tidak pernah tepat dan tidak ada sesuatu yang nyata (tawaran kepada Klopp)," ucap agen Klopp, Marc Kosicke.

"Di masa lalu, Franz Beckenbauer Presiden (Bayern) dan keduanya bekerja sama bersama sebagai pengamat sepak bola televisi di Piala Dunia 2006. Mereka berhubungan dengan baik dan masih saling berhubungan. Tapi, Jurgen bisa saja mengakhiri karier melatihnya tanpa pernah melatih Bayern Munchen."

Klopp masih memiliki kontrak bersama Liverpool hingga 2022. Jika melihat hubungan bagusnya dengan petinggi, pemain, dan fans The Reds, akan sulit baginya pindah ke klub lain.

"Dia masih dikontrak hingga tahun 2022 dan saya tidak berpikir kerjanya (di Liverpool) telah berakhir. Tapi, Anda harus memikirkan banyak faktor. Ketika Anda pindah ke Inggris, Anda tidak bisa meremehkan kurangnya jeda musim dingin. Ini bisa mengurangi masa hidup Anda," tambah Kosicke, diberitakan Goal, Rabu (28/3).

Kendati demikian, Kosicke mengakui bahwa Klopp memang bisa menjadi pelatih yang tepat bagi Bayern. Transfernya ke Allianz Arena mungkin takkan terjadi dekat ini. Namun, Klopp dinilai memiliki kapasitas lebih dari cukup untuk melatih Die Roten.

"Tidak ada pelatih di dunia yang lebih besar dari klub manapun. Umumnya, klub selalu lebih besar. Jurgen tidak terlalu besar untuk Bayern Munchen, begitu juga sebaliknya. Dia jelas bisa melakukan pekerjaan yang sangat bagus di sana. Bayern dan Klopp akan jadi pasangan yang ideal. Tapi, hal itu takkan terjadi dekat ini," pungkas Kosicke.

Jurgen Klopp FC Bayern Munchen Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.167

Bagikan