Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel, Serupa tapi Tidak Sama

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 18 September 2018
Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel, Serupa tapi Tidak Sama
Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel (bbc)

BolaSkor.com - Duel Liverpool kontra Paris Saint-Germain di laga pembuka Grup C Liga Champions mempertemukan dua sosok pelatih yang menarik. Jurgen Klopp akan menghadapi Thomas Tuchel, yang kerap disebut sebagai "pengikut" Klopp.

Ini bukanlah pertama kali keduanya beradu taktik. Sebelum laga di Anfield, Klopp dan Tuchel sudah 12 kali bertemu. Dalam periode itu, Klopp unggul dengan delapan kemenangan dan hanya kalah sekali.

Sedangkan terakhir kali ke Anfield, Tuchel merasakan pil pahit yang disebut-sebut tidak bisa dilupakannya. Ya, saat itu Tuchel yang menukangi Borussia Dortmund secara menyakitkan disingkirkan Liverpool di perempat final Liga Europa, April 2016. Dortmund yang sempat unggul 3-1 harus menyerah 3-4 dan terdepak lewat agregat 5-4.

Yang lebih menyakitkan, gol yang meloloskan Liverpool terjadi di pengujung laga. Pada saat itulah Tuchel menyadari bagaimana garangnya atmosfer Stadion Anfield.

Saat ini, Klopp dan Tuchel bisa dibilang merupakan dua pelatih Jerman yang sedang naik daun. Keduanya memiliki perjalanan karier yang nyaris identik sebelum akhirnya menangani klub besar Eropa.

Nama Tuchel dikenal sebagai penerus Klopp. Saat Klopp hengkang ke Dortmund, Tuchel masuk menggantikan Klopp sebagai pelatih Mainz. Pun saat Klopp bergabung dengan Liverpool, Tuchel mengisi posisinya di Dortmund.

Serupa dengan Klopp, yang enam tahun lebih tua, Tuchel juga berasal dari Swabia dan berposisi sebagai pemain belakang saat aktif bermain. Kesamaan lainnya adalah keduanya sama-sama meraih lisensi kepelatihan di Cologne pada 2006. Saat itu Klopp dan Tuchel sama-sama mendapat bimbingan dari Erich Rutemoller.

Meski banyak kemiripan, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Menurut Rutemoller, Klopp lebih memiliki motivasi dan tertarik pada aspek psikologi. Klopp juga merupakan pribadi yang terbuka, berbeda dengan Tuchel yang introvert.

Dari sisi taktik, Tuchel sudah lama mengagumi Pep Guardiola. "Saat saya membaca dia berjam-jam membicarakan taktik bersama Guardiola, saya berpikir, dia belum berubah," ujar Rutemoller kepada Le Parisien.

Liga Champions Jurgen Klopp Thomas Tuchel Liverpool PSG
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.116

Bagikan