Jurgen Klopp Ikut Kritik Qatar sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 05 November 2022
Jurgen Klopp Ikut Kritik Qatar sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2022
Jurgen Klopp (Twitter)

BolaSkor.com - Manajer Liverpool Jurgen Klopp salah satu figur yang ikut mengkritik Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Secara blak-blakan Klopp marah dengan isu pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) di Qatar.

Pemilihan Qatar sebagai tuan rumah oleh FIFA cukup kontroversial. Padahal itu akan jadi Piala Dunia pertama di Asia sejak 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Event Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada 20 November hingga Desember mendatang.

Klopp bahkan terang-terangan berkata tidak akan hadir di turnamen untuk menonton pertandingan. Pria asal Jerman itu juga menilai dunia sepak bola dan media juga 'bersalah' karena tidak menggagalkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Lionel Scaloni, Pemutus Mata Rantai Kutukan Argentina

Agar Tidak Kecewa, Setidaknya Inggris Perlu Tembus Final Piala Dunia 2022

Ada Lionel Messi, Argentina Jadi Unggulan Juara Piala Dunia 2022

"Saya akan menonton pertandingannya, tetapi ini berbeda. Saya menonton film dokumenter lama tentang seluruh situasi, tentang kapan Rusia dan Qatar diumumkan sebagai tempat untuk Piala Dunia berikutnya," ucap Klopp seperti dilansir dari Goal.

"Saya pikir ini adalah pertama kalinya dalam sejarah mereka mengumumkan dua sekaligus. Kita semua tahu bagaimana itu terjadi dan bahwa kita masih bisa membiarkannya terjadi, tanpa hal hukum sesudahnya."

“Kemudian kita berbicara tentang hak asasi manusia dalam hal orang-orang yang harus bekerja di sana dalam keadaan yang, izinkan saya mengatakannya dengan baik, sulit. Kita tidak dapat memainkan Piala Dunia di sana pada musim panas karena suhu dan ada bukan satu stadion di Qatar, atau mungkin satu."

"Jadi Anda harus membangun stadion. Saya tidak berpikir ada orang yang memikirkan hal itu pada hari itu, bahwa seseorang harus membangunnya. Tidak seperti Aladdin dengan lampu ajaibnya dan 'Boom, ada stadion baru'. Situasinya membuat Anda marah. Bagaimana tidak?"

Awak media pun menjadi sasaran kritik Klopp karena tidak mencegah Qatar jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Menurutnya, para pemain dan pelatih tidak bersalah karena mereka hanya melakukan yang terbaik untuk timnas.

"Saya akan menontonnya dari sudut pandang sepak bola, tetapi saya tidak suka fakta bahwa para pemain sekarang harus mengirim pesan. Anda semua adalah jurnalis. Anda seharusnya mengirim pesan tetapi Anda tidak menulis artikel paling kritis tentang situasi di sana yang sudah jelas. Di sana, kita bersalah," imbuh Klopp.

“Tapi sekarang kami memberi tahu para pemain bahwa mereka harus mengenakan ban kapten dan jika mereka tidak melakukannya maka mereka tidak berada di pihak mereka. Tidak, tidak; ini adalah pesepak bola, ini adalah turnamen dan para pemain harus pergi ke sana dan bermain dan melakukan yang terbaik untuk negara mereka."

"Jangan menempatkan Gareth Southgate terus-menerus dalam situasi di mana dia harus berbicara tentang segalanya. Dia memiliki pendapat tetapi dia bukan politisi, saya bukan politisi, dia manajer Inggris jadi biarkan dia melakukan itu."

"Jika Anda mau untuk menulis tentang sesuatu yang lain kemudian melakukannya, tetapi sendiri tanpa meminta kami sehingga itu 'kata Klopp' atau 'kata Southgate'. Seolah itu akan mengubah apapun. Anda, lebih dari saya, biarkan itu terjadi 12 tahun yang lalu," tegas Klopp menyalahkan media.

Jurgen Klopp Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan