Jurgen Klopp Lega Liverpool Akhiri Penantian Sembilan Tahun di Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 07 Maret 2018
Jurgen Klopp Lega Liverpool Akhiri Penantian Sembilan Tahun di Liga Champions
Jurgen Klopp lega Liverpool lolos ke perempat final Liga Champions (Getty Images)

BolaSkor.com - Juara lima kali Liga Champions, Liverpool, perlahan kembali ke habitatnya: bersanding dengan klub-klub top Eropa. Untuk kali pertamanya sejak sembilan tahun yang lalu, The Reds sukses melangkah ke perempat final Liga Champions musim ini.

Liverpool mengakhiri 16 besar Liga Champions melawan Porto dengan agregat gol 5-0. Semua gol tercipta di Estadio do Dragao, markas Porto, yang berlangsung pada leg pertama. Sementara leg kedua yang berlangsung di Anfield, berakhir imbang tanpa gol.

Ibarat tingkatan pada level suatu permainan, Liverpool semalam hanya mengeluarkan 45 persen dari total 100 persen kemampuan yang mereka miliki. Liverpool bermain bijak, tidak ngotot, karena tahu akhir pekan ini menghadapi rival bebuyutan, Manchester United, di Premier League. Mereka coba menghemat enerji.

Jurgen Klopp, manajer Liverpool, tidak merombak total skuat yang dimainkannya semalam dari leg pertama di Portugal. Sadio Mane, Roberto Firmino, Jordan Henderson, Emre Can, Dejan Lovren, tetap bermain sebagai starter. Hanya, Porto bermain lebih disiplin dan terorganisir.

Tim tamu tak ingin mengecewakan fans dari Portugal yang sudah jauh-jauh datang ke Anfield untuk mendukung Porto. Kedua tim sama-sama menciptakan peluang. Namun pada akhirnya, tidak ada momen besar yang tercipta, melainkan satu momen saat suporter di Anfield memberikan tepukan tangan kepada kiper berusia 36 tahun yang sudah meraih tiga titel Liga Champions, Iker Casillas - mungkin ini Liga Champions terakhirnya.

Porto gagal lolos. Liverpool melangkah ke perempat final. Klopp pun bahagia. Ia senang Liverpool kembali sejajar dengan klub-klub besar Eropa di Liga Champions - di waktu bersamaan, Real Madrid juga lolos dengan menyingkirkan Paris Saint-Germain melalui agregat gol 5-2.

"Jujur saja, perasaan ini benar-benar hebat. Saya tak bisa merasakan apa yang orang rasakan mengenai penantian yang begitu panjang, tapi saya mengetahuinya. Delapan besar itu keren. Saya sedikit senang dan lega," ucap Klopp di Guardian, Rabu (7/3).

"Sudah saatnya kami muncul kembali. Ada perkembangan bagus di Liverpool saat ini, tapi, jika Anda tidak mampu tampil bagus di ajang seperti Liga Champions, maka takkan ada yang menyadarinya," sambungnya.

Lebih lanjut, Klopp menilai kelayakan timnya berada di perempat final Liga Champions, seraya memberi peringatan, akan lawan-lawan sulit yang dihadapi nanti. "Kami pantas berada di sana, ini seharusnya tidak jadi kejutan dan fase brikutnya akan jauh lebih sulit. Kami punya kesempatan ke semifinal, itulah targetnya, tapi kami harus melangkah selangkah demi selangkah," urainya.

Liga Champions Jurgen Klopp Liverpool Porto
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan