BolaSkor.com - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengajukan usulan perubahan untuk aturan VAR. Saran tersebut Klopp sampaikan pada pertemuan pelatih top Eropa.

Acara tahunan pelatih top Eropa berlangsung di Nyon, Swiss, pada Senin (11/11) waktu setempat. Sejumlah agenda menjadi pembahasan pada pertemuan tersebut.

Satu di antara pembahasan adalah soal aturan penggunaan VAR. Sejumlah insiden terkait teknologi tersebut terjadi dalam beberapa pertandingan terakhir.

Terbaru adalah saat Liverpool dan Manchester City saling berhadapan. Manajer The Citizens, Pep Guardiola, merasa seharusnya mendapat dua hadiah penalti.

Baca Juga:

Mauricio Pochettino Salahkan VAR Terkait Kartu Merah Son Heung-min

Ketika VAR Menjadi 'Bintang Lapangan'

Jurgen Klopp

Kondisi tersebut membuat Jurgen Klopp meminta aturan VAR diubah. Saran manajer asal Jerman itu demi mengurangi masalah yang ditimbulkan oleh teknologi tersebut.

"VAR masih bisa dibuat lebih baik lagi. Teknologi tersebut tidak bisa 100 persen sempurna, semua orang sepakat. Namun, masih ada beberapa hal yang belum benar," kata Jurgen Klopp.

"Dengan VAR, jelas soal handball dan offside menjadi lebih terlihat. UEFA memiliki ide bagus untuk berkomunikasi dengan wasit. Saat ini, masih ada kemungkinan kesalahan."

"Bagaimanapun, VAR masih dibuat oleh manusia dan tidak ada yang sempurna. Tak ada seorang pun yang meminta kesempurnaan, kami hanya ingin kejelasan," lanjutnya.

Pertemuan pelatih-pelatih top Eropa itu dihadiri banyak nama. Termasuk di antaranya, Jurgen Klopp dan Pep Guardiola, serta Unai Emery, Maurizio Sarri, dan Erik ten Hag.