Jurnalis Indonesia Tidak Pilih Modric sebagai Kandidat Utama Peraih Ballon d’Or 2018

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 06 Desember 2018
Jurnalis Indonesia Tidak Pilih Modric sebagai Kandidat Utama Peraih Ballon d’Or 2018
Luka Modric (kiri) (Zimbio)

BolaSkor.comLuka Modric, gelandang Real Madrid berusia 33 tahun, sukses merusak hegemoni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam perebutan Ballon d’Or 2018. Modric mendapatkan poin terbanyak dari pemungutan suara yang dilakukan 176 jurnalis dari seluruh dunia.

Modric menempati urutan pertama, disusul Ronaldo, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Messi di urutan lima. Pro-kontra mengiringi pemilihan tersebut. Kendati demikian, pemilihan berdasarkan pemungutan suara merupakan hal yang obyektif.

Menilai kelayakan Modric, ia memang pantas meraihnya karena berkontribusi atas raihan titel Liga Champions ketiga beruntun Madrid, plus membawa timnas Kroasia menapaki final Piala Dunia untuk kali pertama tahun ini.

Kemenangan Modric merupakan pengakuan dunia akan sosok gelandang yang kerap dipandang sebelah mata, karena posisi itu tidak tersohor layaknya penyerang yang mencetak gol atau kiper yang melakukan penyelamatan hebat.

Baca Juga:

Luka Modric, Si Kecil yang Mengguncang Dunia

Pengakuan Luka Modric: Merendah di Antara Ronaldo-Messi, Ditolak Wenger, dan Ramalan Zidane

8 Fakta yang Jarang Diketahui soal Pemenang Ballon d'Or 2018 Luka Modric

Modric bahkan mendedikasikan penghargaan itu untuk dua legenda Barcelona, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez, yang pernah berada di podium Ballon d’Or 2010.

“Mungkin di masa lalu ada beberapa pemain yang dapat memenangi Ballon d’Or seperti Xavi, Iniesta, atau, saya tidak tahu, (Wesley) Sneijder, tapi itu tidak terjadi. Publik kini akhirnya menginginkan hal yang berbeda. Saya pikir ini kemenangan sepak bola,” tutur Modric di Marca.

Guna meredam isu France Football, penyelanggara Ballon d’Or, bertindak curang dalam memilih juaranya. Mereka membagikan daftar lengkap 176 jurnalis yang memilih di seluruh dunia, plus lima besar pemain pilihan mereka.

Nurdin Saleh adalah perwakilan jurnalis dari Indonesia. Dalam lima besar kandidat Ballon d’Or 2018 yang dipilihnya, Nurdin tidak memilih Modric di urutan pertama, melainkan Griezmann, yang memenangi Piala Dunia 2018 dan Liga Europa dengan Atletico Madrid.

Urutan lima besar pilihan Nurdin adalah: Griezmann, Mbappe, Modric, Ronaldo, dan Messi.

Breaking News Ballon d'Or Luka Modric Indonesia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.165

Bagikan