Juventus Harus Dirombak, Dimulai dari Evaluasi untuk Massimiliano Allegri

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 26 Mei 2023
Juventus Harus Dirombak, Dimulai dari Evaluasi untuk Massimiliano Allegri
Juventus (Twitter)

BolaSkor.com - Dua musim beruntun dilalui raksasa Italia, Juventus, tanpa raihan trofi dan musim ini situasinya lebih parah lagi. Apabila di musim lalu mereka setidaknya mencapai final Coppa Italia dan kalah di final Piala Super Italia, musim ini Juventus tak mencapai final.

Situasi pun diperparah dengan pelanggaran keuangan hingga Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) memberikan hukuman pengurangan 10 poin. Teranyar, Juventus kalah 1-4 melawan Empoli dalam lanjutan laga Serie A.

Menilik situasi tersebut mantan pemain Juventus, Alessio Tacchinardi, menilai sudah saatnya Il Bianconeri dirombak dan revolusi itu dimulai dengan evaluasi kepada sang pelatih Massimiliano Allegri.

Baca Juga:

Juventus Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

5 Duel Inter Vs Juventus Paling Menarik di Coppa Italia

Breaking News: Juventus Dihukum Pengurangan 10 Poin

"Apa yang saya lihat dari pelatih adalah banyak susunan pemain yang berbeda selama dua musim terakhir dalam pencarian putus asa untuk Juve yang tidak pernah ditemukan," ujar Tacchinardi seperti dilansir dari Football-Italia.

"Ketika Juve menginginkannya kembali, mereka tahu Allegri adalah orang yang memiliki hasil yang visi sepak bolanya tidak ditujukan untuk memberikan hiburan. Namun, sepak bola berubah dengan kecepatan yang sama seperti yang kita lihat smartphone baru keluar setiap saat."

"Klub harus mengevaluasi apakah Allegri masih memiliki kompetensi, karisma, dan rasa lapar untuk mempertahankan tim saat tekanan tumbuh setiap tahun. Jika satu-satunya alasan untuk mempertahankannya adalah ekonomi, maka itu akan merusak semua pihak yang terlibat."

Juventus bahkan kesulitan masuk zona Liga Champions musim ini dan Allegri beralasan pengurangan poin jadi penyebabnya, namun Tacchinardi menilai Juventus tidak bisa banyak beralasan setelah kalah telak melawan Empoli, serta kalah di semifinal Coppa Italia serta Liga Europa.

“Tampilan keseluruhan musim hanya bisa negatif. Tim ini berjuang dalam hal konsistensi dan gaya bermain. Pertandingan paling signifikan adalah leg kedua semifinal Coppa Italia melawan Inter dan kekalahan di Empoli, dua malam yang bisa mengubah musim, tetapi Juve tidak muncul," imbuh Tacchinardi.

"Jika mereka mengalahkan Empoli, bahkan dengan penalti 10 poin, mereka masih bisa mengalahkan AC Milan secara head-to-head dan lolos ke Liga Champions. Sebaliknya, mereka menghabiskan kesempatan besar ini dan setelah pertandingan saya mendengar rasa pasrah."

Tacchinardi pun berharap musim ini jadi pembelajaran bagi Juventus untuik berbenah dan menatap positif musim depan.

"Saya harap musim ini setidaknya akan mengajarkan Juventus bahwa nama tidak membawa trofi, tapi (rasa) lapar dan motivasi," harap Tacchinardi.

"Sudah waktunya untuk menyadari bahwa siapa pun di klub yang merasa puas harus menyingkir dan menyerah kepada mereka yang siap makan rumput (bekerja keras) untuk menyelesaikan pekerjaan, memberikan segalanya, tanpa perhitungan atau reservasi."

Serie a Juventus Allegri Massimiliano Allegri
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan