BolaSkor.com - Juventus yang langganan Scudetto dan tampil di Liga Champions kini terancam tersesat ke Liga Europa. Namun kondisi tersebut tak membuat Andrea Pirlo selaku pelatih berpikir untuk mengundurkan diri.

Juventus harus menelan pil pahit terlempar dari empat besar pada klasemen sementara Serie A 2020-2021. Kepastian itu diterima usai Bianconeri takluk 0-3 dari AC Milan.

Tragisnya, kekalahan itu terjadi di kandang sendiri, Allianz Stadium. Juventus juga tampil buruk dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga:

Hasil Laga-laga Liga Eropa: Juventus Kalah, Madrid Terhindar dari Kekalahan

Milan Ukir Rekor, Juventus Terancam Absen di Liga Champions

Para Pemain Kunci Duel Juventus Vs AC Milan

Juventus vs AC Milan

Hasil minor itu membuat raihan poin Juventus tertahan di angka 69. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan tertinggal dua poin dari Napoli yang menempati peringkat keempat dengan tiga laga tersisa.

Itu artinya Juventus tak hanya wajib menyapu bersih semua laga sisa. Tim asal Turin tersebut juga harus berharap tim-tim di atasnya terpeleset demi merebut tiket ke Liga Champions.

Kondisi ini membuat posisi Pirlo berada di ujung tanduk. Rumor pergantian pelatih Juventus kian santer terdengar.

Namun Pirlo tak sedikit pun kehilangan rasa percaya dirinya. Ia yakin mampu menyelamatkan jabatannya dengan membawa Juventus finis di empat besar.

"Saya tidak akan menyingkir karena saya mengambil peran ini dengan sangat antusias di tengah kesulitan. Saya siap membantu klub yang masih memiliki tiga pertandingan tersisa," kata Pirlo kepada Sky Sport Italia.

"Jadi saya akan terus melakukan pekerjaan saya selama saya diizinkan."

Bola kini berada di kaki petinggi klub. Mereka harus segera memutuskan antara terus mempertahankan Pirlo atau membuat perubahan untuk menyelamatkan musim Juventus.

Pembelaan Pirlo

Sampai saat ini, Pirlo masih berpikir sosok yang tepat untuk menangani Juventus. Serangkaian hasil buruk dan kegagalan dianggapnya sebagai rintangan menuju kesuksesan.

“Saya memiliki proyek yang berbeda dalam pikiran saya dan berpikir saya akan memiliki kelompok berbeda yang dapat digunakan. Saya telah mengerjakan beberapa konsep, tetapi kemudian saya harus membuat perubahan agar sesuai dengan karakteristik mereka dan harus beradaptasi," tambahnya.

Meski begitu, Pirlo sadar dengan ancaman pemecatan yang merupakan risiko pekerjaannya. Ia siap menerimanya andai hal itu benar-benar terjadi.

“Jika ada yang tidak beres, saya bertanggung jawab. Skuat ini terdiri dari para pemain hebat, jelas ada sesuatu yang tidak berhasil," pungkasnya.