BolaSkor.com - Momen bersejarah akan mewarnari matchday kelima fase grup Liga Champions 2020-2021. Untuk pertama kalinya, wasit wanita akan memimpin pertandingan di kompetisi antar klub-klub Elite Eropa tersebut.

Wasit yang beruntung itu adalah Stephanie Frappart. Wanita berusia 36 tahun tersebut memang telah ditunjuk langsung oleh UEFA untuk memimpin laga Juventus kontra Dynamo Kiev di Allianz Stadium, Kamis (3/12) dini hari WIB.

Penunjukkan Frappart ini mendapat dukungan penuh dari pelatih Juventus, Andrea Pirlo. Ia yakin perbedaan gender bukan alasan untuk tak menerima kehadiran wasit wanita di ajang Liga Champions.

Baca Juga:

Plintat-plintut Andrea Pirlo soal Alasan Absennya Cristiano Ronaldo

Juventus Tak Mau Tergantung Ronaldo, Pirlo Colek Real Madrid

Ditahan Imbang Benevento, Bukti Juventus Kurang Bertaji Tanpa Ronaldo

Aksi Stephanie Frappart saat memimpin laga Piala Super Eropa 2019.

“Kami akan dipimpin oleh ofisial pertandingan yang bagus, sesuatu yang telah kita lihat di masa lalu. Kami senang menjalaninya dan tidak ada perbedaan antara pria dan wanita," kata Pirlo kepada Sky Sport Italia.

Laga Juventus kontra Kiev sendiri sudah tak terlalu krusial. Tuan rumah sudah memastikan satu tempat ke babak 16 besar mendampingi Barcelona.

Namun kondisi berbeda dirasakan Kiev. Wakil Ukraina itu butuh kemenangan untuk mengamankan posisi ketiga sehingga bisa beralih ke Liga Europa.

Reputasi Frappart sebagai salah satu wasit wanita terbaik memang tak perlu diragukan. Pengadil asal Prancis itu telah memimpin laga final Piala Dunia Wanita 2019.

Sementara di kategori pria, Frappart sempat memimpin pertandingan yang cukup bergengsi. Salah satunya tentu laga Piala SUper Eropa 2019 antara Liverpool kontra Chelsea.

Perjalanan Frappart untuk menjadi wasit elite Eropa sudah dimulai sejak 2009. Saat itu ia sudah terdaftar sebagai wasit resmi FIFA.

Namun Frappart butuh dua tahun untuk memimpin pertandingan putra. Ia memulainya dari divisi ketiga Liga Prancis.

Secara perlahan kariernya mulai menanjak. Pada April tahun lalu, Frappart untuk pertama kalinya bertugas di Ligue 1 saat memimpin laga Amiens kontra Strasbourg.