Kabar dari Para Pemain yang Pernah Tampil di El Clasico: Jadi Penulis Novel hingga DJ

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 14 Oktober 2022
Kabar dari Para Pemain yang Pernah Tampil di El Clasico: Jadi Penulis Novel hingga DJ
El Clasico (Twitter LaLiga)

BolaSkor.com - El Clasico adalah pertandingan yang menampilkan pemain bintang terbanyak sepanjang sejarah sepak bola. Beberapa dari mereka yang pernah bermain di El Clasico masih menjadi wajah dunia sepak bola: menjadi komentator, pelatih, duta, dan bahkan presiden asosiasi. Namun, juga ada sebagian dari mereka yang memiliki pilihan karir yang unik. BolaSkor meninjau beberapa nama yang paling mencolok.

Romario – Dari Barcelona menjadi politisi Brazil

Perebutan gelar LaLiga musim 1993/94 yang tak terlupakan menampilkan dua striker asal Brasil yang membintangi kedua tim – dengan Bebeto di Deportivo La Coruna, dan Romario di FC Barcelona. Semuanya bermuara pada saat-saat terakhir di pertandingan terakhir, dengan tim Romario dan Barca yang berhasil memenangkan trofi setelah Bebeto gagal mengeksekusi penalti di waktu tambahan.

Pada musim panas itu pula Bebeto dan Romario bersama-sama mengangkat Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, di mana Bebeto mempopulerkan selebrasi gol dengan gaya menggendong bayi. Baru-baru ini, pasangan ini kembali bekerja sama, keduanya memasuki dunia politik Brasil, dan mewakili partai 'Podemos' di parlemen lokal dan nasional.

Bodo Illgner – Dari Real Madrid menjadi penulis romansa

Salah satu pemain yang membawa Jerman memenangkan Piala Dunia 1990, Bodo Illgner, berhasil menjuarai LaLiga untuk pertama kalinya setelah bergabung dengan Real Madrid di tahun 1996, dan tahun berikutnya membantu Los Blancos menjuarai gelar Eropa ketujuh, 'Septima'.

Illgner bertahan di Bernabeu hingga tahun 2001. Ia berhasil memenangkan gelar LaLiga dan Liga Champions lainnya, juga membantu Iker Casillas menjadi kiper utama klub.

Setelah pensiun, Illgner dan istrinya Bianca pindah ke Alicante, di mana mereka bersama-sama menulis novel berbahasa Jerman 'Alles'. Novel tersebut masih menceritakan dunia sepak bola, menampilkan tokoh protagonis penjaga gawang yang terlibat dalam petualangan di dalam dan di luar lapangan.

Baca Juga:

5 Alternatif Destinasi Baru untuk Kylian Mbappe Selain Real Madrid

Detail Klausul Pelepasan Erling Haaland yang Untungkan Real Madrid

Drama Baru Kylian Mbappe: Dilarang ke Madrid, Diizinkan Menuju Liverpool

Ronaldo Nazario – Dari El Clasico hingga menjadi Presiden Real Valladolid

Satu-satunya pemain dalam sejarah yang berhasil menjadi top skor LaLiga untuk FC Barcelona (1997) dan Real Madrid (2004) adalah Ronaldo Nazario. Ronaldo juga dua kali memenangi gelar LaLiga, dua Piala Dunia, dan dua penghargaan Ballon d’Or.

Ia kini menjadi salah satu figur penting di sepak bola Spanyol, yaitu sebagai presiden dan pemegang saham mayoritas di Real Valladolid, mengawasi kemajuan klub di dalam dan di luar lapangan selama empat musim bertugas.

Davor Suker – Dari Real Madrid menuju Presidenan Federasi Kroasia

Puncak karier penyerang tengah Kroasia, Davor Šuker, di Real Madrid mungkin adalah ketika ia memenangi gelar Liga Champions tahun 1998. Namun, ia juga mencetak total 114 gol yang mengesankan dalam 239 penampilan di LaLiga, setelah bermain empat musim bersama Sevilla FC.

Terpilih sebagai presiden Federasi Sepak Bola Kroasia pada 2012, Šuker memegang peran itu hingga 2021 dan menyaksikan negaranya menjadi runner-up Piala Dunia 2018. Dia juga telah mengambil peran utama di komite penting di FIFA dan UEFA.

David Beckham – Dari Real Madrid hingga menjadi presiden Inter Miami

Galactico lainnya yang menjadi pemilik klub adalah David Beckham, yang menjadi idola para penggemar, dan juara LaLiga Santander musim 2006/07 dalam empat musimnya di Santiago Bernabéu Bersama Real Madrid.

Kapten timnas Inggris itu juga sebelumnya sempat bermain untuk LA Galaxy di Major League Soccer (MLS), dan sekarang menjadi presiden Inter Miami CF, sebuah tim baru di MLS sejak musim 2020.

Andres Iniesta – Dari FC Barcelona hingga Vissel Kobe

Apa lagi pujian yang dapat dipanjatkan untuk Andres Iniesta? Gelandang lincah itu mencatatkan 442 penampilan LaLiga Santander – berhasil menjuarai sembilan gelar liga dan empat trofi Liga Champions – untuk FC Barcelona sebelum pindah ke klub J-League Jepang, Vissel Kobe, pada tahun 2018.

Ia juga terkenal berkat gol kemenangannya untuk timnas Spanyol di Piala Dunia 2010 dalam final melawan Belanda.

Deco – Dari FC Barcelona hingga menjadi agen pemain sepak bola

Menjadi andalan di lini tengah Barcelona setelah tiba di Camp Nou pada tahun 2004, pemain asal Portugal kelahiran Brasil ini membuat 113 penampilan liga untuk klub Catalan tersebut. Deco meninggalkan Barca setelah kedatangan di tahun 2008.

Setelah gantung sepatu, Deco tinggal di Brasil, bekerja sebagai agen pemain dan bahkan memulai agensi pemainnya sendiri.

Roberto Carlos – Dari Real Madrid menjadi Komentator TV

Mungkin bek kiri terhebat sepanjang masa, Roberto Carlos hanya bertahan satu musim setelah kepergian Zidane sebelum ikut meninggalkan Real Madrid, memulai bubarnya apa yang disebut tim Galacticos pada pertengahan tahun 2000-an.

Pemain asal Brasil itu kemudian singgah di banyak klub setelah meninggalkan Bernabeu, menghabiskan waktu bersama Fenerbahçe, Corinthians, Anzhi Makhachkala, dan Delhi Dynamos. Dia kemudian melatih Anzhi Makhachkala dan Delhi Dynamos, serta Sivasspor, dan Akhisar Belediyespor. Dia sekarang kembali ke Bernabeu sebagai Duta Klub, dan komentator untuk Real Madrid TV.

Julio Baptista – Dari Real Madrid hingga menjadi pelatih Real Valldolid B

Penyerang asal Brasil itu sempat bermain untuk Arsenal, Malaga CF, Roma, Cruzeiro, dan Orlando City sebelum memutuskan pensiun setelah mencatatkan satu penampilan bersama CFR Cluj di Romania pada tahun 2018.

Baptista dikenang di seluruh Spanyol sebagai salah satu pemain asing terbaik di LaLiga di awal abad ke-21, dan sekarang menjadi Duta LaLiga dan pelatih Real Valladolid B.

Raul – Dari Real Madrid hingga menjadi pelatih Real Madrid Castilla

Raul tetap menjadi salah satu pemain terhebat klub sepanjang masa. Setelah meninggalkan Los Blancos dengan 228 gol LaLiga dalam 550 pertandingan antara 1994 dan 2010, ia kemudian bermain untuk Schalke 04 di Bundesliga sebelum mengakhiri karirnya bersama Al Sadd di Qatar dan New York Cosmos di AS. Dia saat ini menjabat sebagai pelatih kepala Real Madrid Castilla.

Gaizka Mendieta – Dari Barcelona menjadi DJ

Gaizka Mendieta mengejutkan para fans Valencia CF dan Barcelona pada akhir 1990-an hingga awal 2000-an berkat skill, kreativitasnya, dan mencatatkan momen luar biasa saat mencetak gol solo yang fantastis bagi Los Che saat mereka mengalahkan Atletico Madrid di final Copa del Rey 1999.

Setelah pensiun, ia mengasah bakat musiknya, pertama sebagai gitaris di band indie yang berbasis di Spanyol, Gasteiz Gang, dan baru-baru ini sebagai DJ yang bermain di klub malam di London, Ibiza, dan kota-kota final Liga Champions setiap tahunnya. Pria kelahiran Bilbao ini juga menyempatkan diri untuk bekerja sebagai duta resmi LaLiga.

Victor Valdes – Dari Barcelona hingga menjadi pelatih

Penjaga gawang asal Catalan ini mencatatkan hampir 400 penampilan tim utama di LaLiga antara tahun 2002 dan 2014. Dikenang sebagai salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah klub, ia menyelesaikan karirnya dengan karir singkat di Manchester United, Standard Liege, dan Middlesbrough. Setelah pensiun, ia menjadi pelatih tim muda Juvenil A (U19) Barça pada tahun 2019.

Samuel Eto’o – Dari FC Barcelona hingga menjadi presiden Federasi Sepak Bola Kamerun

Tidak diragukan lagi bahwa Eto’o adalah salah satu striker terbaik di generasinya dan mungkin adalah pemain Afrika terbaik sepanjang masa, mencetak 108 gol dalam 144 penampilan LaLiga untuk FC Barcelona.

Setelah meninggalkan Camp Nou pada 2010, ia melanjutkan karir bersama Inter Milan, Anzhi Makhachkala, dan Chelsea, dan mengakhiri karirnya dengan hampir 300 gol. Pada 2021, ia menjadi presiden Federasi Sepak Bola Kamerun.

El clasico Breaking News Barcelona Real Madrid LaLiga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.491

Bagikan