Kaesang Merespons, Leonard Tupamahu Akui Salah Pukul Gelandang Persis Solo

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 17 Juni 2021
Kaesang Merespons, Leonard Tupamahu Akui Salah Pukul Gelandang Persis Solo
Leonard Tupamahu melompat dalam uji coba Persis kontra Bali United. (Bali United)

BolaSkor.com - Bek Bali United, Leonard Tupamahu mengaku salah setelah memukul gelandang Persis Solo, Delvin Rumbino. Permohonan maaf dilakukan bek 37 tahun setelah video kejadian tersebut viral di media sosial.

Tensi tinggi sudah terjadi dalam laga uji coba di Stadion Manahan Solo, Rabu (16/6). Persis Solo sebagai tuan rumah tak mau kalah. Sementara Bali United juga tak mau dikalahkan tim dari Liga 2.

Beberapa pelanggaran pun terjadi pada babak pertama. Termasuk yang cukup disorot pelanggaran Sandi Sute pada Fahmi Al Ayyubi. Begitu juga sebaliknya beberapa menit berselang. Namun, kedua pemain kemudian langsung berjabat tangan.

Dua gol kemudian dicetak Bali United pada awal babak kedua. Gol dicetak lewat kaki Fahmi dan Ilija Spasojevic. Tertinggal dua gol, Persis Solo menjadi lebih bersemangat dalam menekan pertahanan Bali United.

Baca Juga:

Menang 2-1 atas Persis, Bali United Dinilai Semakin Kompak

Pukul Pemain Persis, Leonard Tupamahu Dapat 'Pesan' dari Kaesang

Aksi pemukulan Leonard Tupamahu kemudian terjadi pada menit ke-56. Leonard bereaksi tak pantas setelah Delvin berusaha merebut bola dengan cara yang dianggapnya terlalu keras dan bisa membuatnya cedera.

Peristiwa itu berjalan cepat. Kedua tim pun tetap melanjutkan pertandingan. Persis Solo kemudian memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 setelah gol dicetak Rivaldi Bawuo. Skor tak berubah hingga laga dihentikan menit ke-79 karena cuaca mendung dan penyelenggara tak menyewa stadion dengan fasilitas penyalaan lampu.

Ternyata, respons atas aksi pemukulan Leonard Tupamahu menjadi besar setelah pertandingan. Video pemukulan Leonard kepada Delvin di-posting beberapa akun media sosial, terutama Instagram. Sontak saja belasan ribu komentar pedas langsung menghujani Instagram Leonard.

Aksi Leonard juga mendapat respons pemilik Persis Solo, Kaesang Pangarep lewat story instagamnya. Putra sulung Presiden Joko Widodo ini kemudian memuji Delvin Rumbino yang tetap bangkit dan melanjutkan pertandingan.

"Wkwkwkwkwk @LeonardTupamahu," tulis Kaesang. "Untung Lehermu Sekuat Baja @DelvinRumbino," lanjut Kaesang.

Bali United merespons cepat keriuhan di media sosial. Mereka mengunggah pernyataan resmi melalui laman klub serta video Leonard di akun media sosial.

"Saya memohon maaf atas situasi yang terjadi di lapangan baik kepada Delfin Rumbino, keluarga, dan juga berbagai pihak yang merasa dirugikan. Saya sebagai pemain sudah menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan Delfin Rumbino sesudah pertandingan," terang Leonard.

"Apa yang saya lakukan tidak merepresentasikan tentang Bali yang cinta damai dan juga tidak menjadi contoh yang baik bagi generasi sepak bola Indonesia. Semoga tali persaudaraan Bali United dengan Persis Solo tetap terjaga. Salam Olahraga!," lanjutnya.

Emosi tak terkendali Leonard menjadi sinyal kuning bagi Bali United menuju Piala AFC 2021. Tindakan Leonard jelas tak akan ditolelir wasit jika terjadi dalam laga resmi, terutama level internasional

Kartu merah pun sejatinya sudah didapat Bali United dalam uji coba lawan PSIM Jogja, Senin (14/6). Pada laga yang berkesudahan 1-1, Gunawan Dwi Cahyo mendapat kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras pada pemain PSIM.

Setelah ini, Bali United akan melakukan uji coba melawan Barito Putera di Lestarindo Sport Garden, Boyolali, Jumat (18/6). Pertemuan dua klub Liga 1 ini menjadi penutup dari rangkaian uji coba bertajuk "Tour de Java". (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

Leonard Tupamahu Bali United Persis Solo Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan