BolaSkor.com - Langkah Persija Jakarta menuju Liga Champions Asia (LCA) 2019 terhenti. Kepastian ini diperoleh setelah kalah 1-3 dari Newcastle Jets dalam laga putaran kedua Kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) di Stadion Hunter Newcastle, Selasa (12/2).

Dalam laga, Persija Jakarta mendapat ancaman lebih dulu sejak peluit berbunyi. Pada menit kelima, Persija beruntung karena percobaan Newcastle Jets tak berujung gol.

Serangan yang hendak dibangun Macan Kemayoran selalu tak berhasil. Persija diancam lagi apa menit ke-13 lewat Ronald Vargas.

Persija Jakarta mulai menebar ancaman setelah itu. Pada menit ke-16, percobaan gagal berbuah manis lantaran Marko Simic tak mampu menanduk bola hasil umpan sepak pojok. Persija melakukan upaya dengan umpan silang, termasuk melalui pergerakan Riko Simanjuntak.

Bola hasil sepakan voli Riko Simanjuntak pada menit ke-19 berujung di pelukan kiper Newcastle Jets, Glen Moss. Sedangkan tujuh menit berselang, bola tembakannya ke samping gawang.

Sementara itu, upaya Newcastle Jets berkali-kali dipatahkan Andritany Ardhiyasa. Adapun bola yang disambut Roy O'Donovan dengan dada ke samping gawang pada menit ke-33.

Baca Juga:

Penjelasan Persija soal Tuduhan Pelecehan Seksual Marko Simic

Harus Tetap di Australia Sampai 9 April, Marko Simic Terancam Absen Bela Persija Jakarta

Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev memasukkan Tony sucipto untuk menggantikan Yan Pieter Nasadit. Lima menit setelah dimasukkan Tony Sucipto melakukan tembakan, namun bola diamankan. Skor 0-0 tidak berubah dan menutup babak pertama.

Skuat Macan Kemayoran kebobolan lebih dulu pada menit ke-49. Ronald Vargas berhasil memasukkan bola, memaksimalkan umpan Roy O'Donovan dari sisi samping yang tak mampu dihalau.

Aksi Alberto Goncalves. (Media Persija)

Persija Jakarta mencoba membalas. Pada menit ke-62, Alberto 'Beto' Goncalves melepaskan tendangan, namun bola diamankan Glen Moss. Beto kemudian ditarik pada menit ke-69, digantikan Novri Setiawan.

Sementara bola sundulan Marko Simic dibuang lawan. Itu sebelum Persija Jakarta mencetak gol melalui Ramdani Lestaluhu pada menit ke-72.

Baca Juga:

Penjelasan Kenapa Persija Selalu Bermain Tandang di Babak Eliminasi Liga Champions Asia

Striker Persija Jakarta Marko Simic Dituduh Tidak Senonoh terhadap Wanita saat Menuju Australia

Gol Persija Jakarta merupakan hasil umpan sepak pojok Riko Simanjuntak. Bola disundul Ramdani dan mengarah ke gawang. Bola coba dibuang bek Jets, namun kena mistar, memantul melewati garis gawang.

Persija secara mengejutkan hampir kebobolan, setelah Roy O'Donovan mengambil bola hasil tendangan fairplay. Beruntung bola bisa diblok Andritany pada menit ke-89.

Laga dilanjutkan ke babak tambahan setelah skor 1-1 menutup waktu normal. Waktu yang ada coba dimaksimalkan Persija dan Newcastle Jets untuk mengungguli.

Persija kebobolan lagi pada menit ke-101. Adalah kapten Newcastle Jets Nigel Boogaard yang membuat Macan Kemayoran kembali tertinggal, dengan skor 1-2. Sementara sepakan percobaan Marko Simic tak membuahkan hasil pada menit ke-103.

Andritany harus memungut bola dari dalam gawangnya lagi setelah Matt Ridenton memasukkan bola dengan kepala menyambut umpan tendangan bebas pada menit ke-120. Persija pun takluk 1-3.

Kekalahan membuat Persija hanya akan tampil di kompetisi kasta kedua Asia, Piala AFC 2019, sementara Newcastle Jets melaju ke babak playoff bertemu dengan wakil Jepang Kashima Antlers untuk memperebutkan tiket tampil di Liga Champions Asia (LCA) 2019.

Susunan Pemain

Newcastle Jets: Glen Moss (GK), Nigel Boogaard (C), Daniel Georgievski, John Koutroumbis, Nikolai Topor-Stanley, Ben Kantarovski, Steven Ugarkovic, Roy O'Donovan, Dimi Petratos, Kaine Sheppard

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa (GK/C), Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Dany Saputra, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Yan Pieter Nasadit, Riko Simanjuntak, Marko Simic, Alberto Goncalves