Kalah 3-4 dari Malaysia, Timnas Indonesia U-18 Gagal Melaju ke Final Piala AFF U-18

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Sabtu, 17 Agustus 2019
Kalah 3-4 dari Malaysia, Timnas Indonesia U-18 Gagal Melaju ke Final Piala AFF U-18
Timnas Indonesia U-18 (Dok. PSSI)

BolaSkor.comTimnas Indonesia U-18 gagal memberikan kado manis di HUT ke-74 Republik Indonesia ketika kalah 3-4 di babak semifinal Piala AFF U-18 dari Malaysia. Hasil ini juga membuat Garuda Muda gagal melaju ke babak final.

Kedua tim memulai pertandingan dengan sangat berhati-hati. Namun perlahan Timnas Indonesia U-18 berhasil melihat celah dari pertahanan Malaysia, dimana kecepatan Muchammad Supriadi menjadi poros dari serangan Timnas Indonesia U-18.

Pada menit kesembilan, Timnas Indonesia U-18 berhasil mendapatkan peluang emas. Mendapatkan umpan matang dari David Maulana, Amiruddin Bagus Kahfi langsung menendang dari luar kotak penalti, tapi sayang masih bisa ditahan oleh Sikh Izhan.

Memit ke-15 Timnas Indonesia U-18 berhasil mendapatkan peluang emas kembali. Umpan Fajar Fathurrachman yang akurat kepada Beckham Putra, tapi pemain Persib Bandung tidak bisa memanfaatkan peluang tersebut karena mendapatkan gangguan.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-18 Ingin Berikan Kemenangan Lawan Malaysia sebagai Kado HUT RI ke-74

Sampingkan Potensi Top Skorer, Bagus Kahfi Lebih Mementingkan Timnas Indonesia U-18 Juara

Bola liar hasil tendangan Beckham Putra berhasil diambil oleh Bagus Kahfi. Tapi kembali tendangan yang dilakukan oleh pemain Barito Putera U-18 tersebut masih melenceng di sebelah kanan gawang Malaysia.

Timnas Indonesia U-18 lengah, mereka kecolongan pada menit ke-19, Aiman Afif berhasil mencetak gol usai memanfaatkan bola pantul dari tendangan bebas yang dilakukan oleh Muhammad Azam.

Usai gol tersebut, kepanikan terlihat pada Timnas Indonesia U-18. Bahkan dua menit dari gol tersebut Malaysia mendapatkan tiga peluang emas yang masih diselamatkan oleh tiang dan mistar gawang.

Skuat asuhan Fakhri Huasini mulai bangkit, mereka melakukan serangan bertubi-tubi. David Maulana dan kawan-kawan terhitung memiliki empat peluang emas, tapi dewi fortuna belum berpihak kepada mereka.

Pada menit ke-37 Amiruddin Bagus Kahfi mendapatkan peluang emas. Mendapatkan umpan terobosan dari David Maulana, tedangan keras kaki kiri milik Bagus Kahfi masih menyamping tipis dari gawang Malaysia.

Akhirnya pada menit ke-45 Timnas Indonesia U-18 berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari pergerakan Fajar Fathurcahman dan memberikan umpat cut back langsung disambar oleh Beckham Putra yang berbuah gol.

Babak kedua tim tidak mengendurkan serangan, tapi Malaysia bermain lebih efektif dibandingkan dengan Timnas Indonesia U-18. Alhasil, Malaysia berhasil mencetak gol pada menit ke-55.

Baca Juga:

Pesan Fakhri Husaini untuk Timnas Indonesia U-18 Jelang Hadapi Malaysia

Pandangan Pelatih Timnas Indonesia U-18 Fakhri Husaini terhadap Kekuatan Malaysia

Luqman Hakiem yang mendapatkan ruang kosong di sisi kanan pertahan Timnas Indonesia U-18. Tendangan melengkungnya tidak bisa ditangkap oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Tersentak dengan gol tersebut, Garuda Nusantara langsung memberikan tekanan. Pada menit ke-63, kembali Fajar Fathcurachman mendapatkan peluang, tapi tendangannya masih bisa ditepis oleh kiper Malaysia.

Dari mulai menit ke-70 Timnas Indonesia U-18 mulai mengepung pertahanan Malaysia. Bahkan pemain Malaysia yang melakukan parkir bus masih bisa ditembus meski Timnas Indonesia U-18 belum bisa menyamakan kedudukan.

Akhirnya pada menit ke-79 akhinya Timnas Indonesia bisa menyamakan kedudukan. Berawal dari umpan terukur dari David Maulana, Fajar Fathurrachman berhasil menyelesaikan umpan tersebut dengan sangat matang dan menjadi gol.

Dua menit berselang lewat serangan balik Timnas Indonesia berhasil membalikan kedudukan. Muhammad Salman Alfarid berhasil mencetak gol ketiga untuk Timnas Indonesia U-18.

Namun, Alfeandra Dewangga melakukan kesalahan yang sangat fatal. Melakukan tekel keras di dalam kotak penalti membuat Malaysia bisa menyamakan kedudukan, lewat gol yang dicetak oleh Harith Haigal.

Disisa pertandingan Garuda Nusantara terus mengepung pertahan Malaysia. Namun hingga pertandingan berakhir, Timnas Indonesia tidak bisa mencetak gol kembali dan laga tersebut harus dilanjutkan lewat perpanjangan waktu.

Bola-bola mati dari Malaysia memang menjadi senjata mematikan. Menit 98 Malaysia kembali dicetak oleh Harith Haigal usai memanfaatkan set piece yang dilakukan oleh Muhammad Mukhairi.

Babak kedua perpanjangan waktu, Timnas Indonesia U-18 masih terus mengepung Malaysia. Namun Timnas Indonesia U-18 tidak berhasil mencetak gol dan gagal melaju ke babak final Piala AFF U-18.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-18 (4-3-3): Enando Ari Sutaryadi, Amiruddin Bagas Kaffa, Bayu Mohamad Fiqri, Alfeandra Dewangga, Muhammad Salman Alfarid, Brylian Aldama, David Maulana, Beckham Putra, Mochammad Supriadi, Amiruddin Bagus Kahfi, Muhammad Fajar Fathurrachman

Pelatih: Fakhri Husaini

Malaysia (3-5-2): Sikh Izhan, Muhammad Firdaus, Muhammad Aidil, Muhamad Nuh Azlan, Harith Haigal, Muhammad Azam, Muhammad Mukhairi, Muhammad Fakhrul, Mohd Aiman Afif, Luqman Hakim, Mohd Nasip

Pelatih: Bradley John Maloney

Timnas Indonesia U-18 Timnas Indonesia U-19 Fakhri husaini Piala AFF U-18
Posts

4.871

Bagikan