BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke final Piala AFF U-19 2018. Kepastian itu didapat usai Timnas U-19 takluk dari Malaysia U-19, pada laga semifinal Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Detlta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (12/7) malam WIB.

Timnas U-19 takluk dari Malaysia U-19 dengan skor 2-3 pada babak adu penalti. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1 dalam waktu normal 90 menit. Seperti diketahui, regulasi Piala AFF U-19 langsung melakukan adu tendangan penalti setelah hasil imbang di waktu normal.

Timnas U-19 unggul terlebih dahulu melalui tendangan penalti Egy Maulana Vikri pada menit kedua. Malaysia U-19 menyamakan kedudukan melalui Muhammad Syaiful pada menit ke-14.

Dalam adu tendangan penalti, tiga algojo Timnas U-19 yakni Witan Sulaeman, Firza Andika dan Hannis Sagara gagal melaksanakan tugasnya. Adapun, hanya Muhammad Zaufan yang tak membobol gawang Garuda Muda.

Menanggapi kekalahan timnya, pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, mengaku anak-anak asuhannya bermain baik sepanjang pertandingan.

"Pertama tentu saya terima kasih kepada perjuangan pemain 2x45. Sebenarnya kami dapat angin segar dengan gol cepat. Apa yang kami wanti-wanti dari bola mati Malaysia terjadi. Gol Malaysia sebetulnya sudah kami pelajari antisipasinya," kata Indra Sjafri usai laga.

"Babak kedua sebenarnya kami kuasai jalannya laga. Ada beberapa peluang tidak bisa jadi gol. Lalu kita kalah dalam penalti. Mereka sudah bermain sesuai yang diinginkan. Tetapi pada akhirnya, sepak bola diakhiri penalti. Penalti kami sudah siapkan algojo, kita masukan juga M Lutfhi."

Sementara itu, pemain Timnas U-19, Asnawi Mangkualam Bahar, meminta maaf kepada seluruh masayarakat Indonesia atas kegagalan melaju ke final Piala AFF U-19.

"Saya wakili pemain ucapkan mohon maaf atas hasil laga ini. Kami sudah bermain maksimal dengan penampilan terbaik. Mungkin ini kehendak Tuhan, kami tidak bisa maju ke babak selanjutnya," tutupnya.