BolaSkor.com – Timnas Laos menelan kekalahan telak 0-3 dari tim favorit juara Piala AFF 2018, Vietnam, di laga pertama grup A yang berlangsung di Stadion Nasional New Laos. Tiga gol Vietnam dicetak Nguyen Cong Phuong (11’), Nguyen Anh Duc (45+2’), dan Nguyen Quang Hai (68’).

Belum selesai kekecewaan dari kekalahan itu dirasakan warga Laos, kini masalah semakin bertambah bagi tim berjuluk Thimsad itu karena salah satu pemain andalan mereka, Soukaphone Vongchiengkham, mengundurkan diri dari skuat tim arahan V. Sundramoorthy.

Melalui postingannya di Facebook, Vongchiengkham, yang punya julukan Lionel Messi-nya Laos, mengundurkan diri dengan alasan kekecewaan karena tak bermain di laga melawan Vietnam. Diyakini, hubungan Vongchiengkham dengan Sundramoorthy tidak baik.

“Saya Lao (warga Laos), dan darah saya juga Lao, saya minta maaf atas hasil terkini (kalah 0-3 dari Vietnam) dan saya tak bisa banyak membantu. Saya tidur dengan kesedihan, tak bisa bermain untuk Laos. Saya minta maaf karena orang-orang asing menginjak-injak tanah Laos,” tutur Vongchiengkham.

“Saya ingin pergi (mengundurkan diri) karena meski berpengalaman bermain di empat Piala AFF dan bermain dengan passion, dengan banyaknya penghargaan yang saya raih, tapi saya tak punya kesempatan bermain.”

“Saya minta maaf tak bisa bermain, saya mengundurkan diri untuk beristirahat, saya merasa sedih. Kami masih bisa menang di laga kandang. Saya pikir Laos dapat berkompetisi dengan semuanya. Saya akan kembali karena saya cinta Laos. Saya bermain di luar negeri untuk meningkatkan sepak bola Laos. Tolong pahami keputusan saya, terima kasih semuanya, staf dan pemain Laos,” pungkas Vongchiengkham.

Berusia 26 tahun, Vongchiengkham saat ini memperkuat klub Thailand, Sisaket, dan sudah memainkan 41 laga dengan timnas Laos. Ia sudah mencetak 12 gol sejak melakukan debut pada 2010. Mundurnya Vongchiengkham mengartikan bahwa ia tidak akan bermain di laga kedua melawan Malaysia (12/11).