Kalah Lagi, Guardiola Belum Temukan Solusi Redam Chelsea Asuhan Tuchel

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 30 Mei 2021
Kalah Lagi, Guardiola Belum Temukan Solusi Redam Chelsea Asuhan Tuchel
Pep Guardiola (Twitter)

BolaSkor.com - Kualitas Pep Guardiola sebagai salah satu manajer terbaik dunia seolah tak artinya di hadapan Chelsea asuhan Thomas Tuchel. Manchester City asuhannya harus takluk tiga kali secara beruntun dari klub asal London tersebut.

Manchester City takluk 0-1 dari Chelsea pada semifinal Piala FA, 17 April silam. Ketika itu gol tunggal Hakim Ziyech memupuskan langkah The Citizens ke partai final.

Manchester City kemudian menjamu Chelsea dalam lanjutan Premier League 2020-2021 di Etihad Stadium, 8 Mei lalu. Butuh kemenangan untuk mengunci gelar juara, tim asuhan Guardiola justru takluk dengan skor 1-2.

Baca Juga:

Rating Pemain Chelsea dan Man City: Kante Fantastis, Sterling 'Hilang'

Taktik Tanpa Striker Murni City Dikritik, Guardiola Angkat Bicara

Chelsea Juara Liga Champions, Tuchel Dihadiahi Kontrak Baru

Manchester City takluk tiga kali beruntun dari Chelsea dalam tempo satu setengah bulan terakhir.

Sementara pertemuan terakhir kedua tim terjadi Minggu (30/5) dini hari wib dalam panggung laga final Liga Champions di Estadio do Dragao. Manchester City lagi-lagi harus menjadi pecundang usai takluk 0-1 lewat gol tunggal Kai Havertz.

Dari tiga pertemuan tersebut, Chelsea selalu menurunkan formasi 3-4-2-1. Meskipun susunan pemainnya tak sama persis.

Di sisi lain, Manchester City selalu menggunakan formasi yang berbeda di tiga kesempatan tersebut. Guardiola menggunakan 3-4-1-2 di semifinal Piala FA, 3-1-4-2 di Premier League, dan 4-3-3 pada final Liga Champions.

Dari situ terlihat Guardiola mencoba berbagai cara untuk mengakhiri rekor kekalahannya atas Chelsea-nya Tuchel. Namun eksperimennya tidak membuahkan hasil.

Pada semifinal Piala FA Liga Champions, Manchester City mampu mendominasi penguasaan bola meski kesulitan membongkar pertahanan Chelsea. Sementara pada ajang Premier League, The Blues mampu unggul dalam hal penguasaan bola dan tembakan ke gawang.

Guardiola tak menampik dengan fakta tersebut. Ia secara jantan mengakui kesulitan menghadapi strategi Tuchel.

“Melawan struktur pertahanan Chelsea itu tidak mudah. Kami sedikit kesulitan dengan umpan-umpan panjang dan bola-bola kedua sehingga pada saat seperti itu Anda membutuhkan inspirasi," kata Guardiola di situs resmi UEFA.

"Sejumlah keputusan selalu dicoba untuk memenangkan pertandingan seperti cara kami memainkan permainan di babak kedua. Chelsea tim yang sangat bagus, tetapi kami bersaing dengan sempurna melawan mereka."

"Di babak kedua kami pantas untuk mencetak satu gol tetapi kami tidak bisa melakukannya," tambahnya.

Guardiola tentu harus segera mencari formula yang tepat untuk menaklukkan Chelsea asuhan Tuchel. Jika tidak, Manchester City akan kesulitan menatap musim depan.

Pep Guardiola Thomas Tuchel Chelsea Manchester City Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan