Kalah Postur, Messi Justru Dianggap Lebih Merepotkan ketimbang Cristiano Ronaldo

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 11 Februari 2021
Kalah Postur, Messi Justru Dianggap Lebih Merepotkan ketimbang Cristiano Ronaldo
Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Cristiano Ronaldo tentu jauh lebih ideal dari segi fisik ketimbang Lionel Messi. Namun hal itu tak membuat CR7 otomatis lebih ditakuti oleh bek-bek lawan.

Perbandingan terkait siapa yang terbaik di antara Ronaldo dan Messi memang tidak ada habisnya. Yang pasti, keduanya mencuri perhatian dunia dengan caranya masing-masing.

Kesuksesan Ronaldo kerap dinilai sebagai contoh terbaik dari sebuah etos kerja yang luar biasa. Sementara Messi dianggap beruntung karena dianugerahi bakat super oleh Sang Pencipta.

Baca Juga:

Bayern Munchen Tak Punya Niat Boyong Lionel Messi dari Afrika

FFP Bisa Sulitkan PSG Rekrut Lionel Messi

Lionel Messi Tentukan Sendiri Nasib Masa Depannya di Barcelona

Arne Friedrich dan Cristiano Ronaldo

Secara fisik, kedua pemain memang cukup bertolak belakang. Ronaldo jauh lebih atletis ketimbang Messi yang secara postur kurang ideal.

Normalnya, bek-bek lawan akan lebih kesulitan mengawal Ronaldo ketimbang Messi. Namun pandangan berbeda diungkapkan mantan pemain bertahan timnas Jerman, Arne Friedrich.

Mantan pemain Wolfsburg itu justru menganggap Messi akan lebih sulit untuk dijaga. Terutama untuk bek yang berpostur jangkung seperti dirinya.

"Jika harus berkomitmen pada salah satunya, saya akan memilih Messi. Dia memiliki pusat gravitasi yang berbeda, sedangkan Ronaldo lebih sesuai ukuran saya," kata Friedrich dilansir dari Goal.

"Keduanya berada di level yang sama, tapi Messi lebih sulit untuk dijaga karena dia memiliki gaya permainan yang berbeda."

Menurut Friedrich, Ronaldo akan lebih mudah dijaga karena sang pemain lebih sering berada di kotak penalti. Sementara pergerakan Messi lebih bebas dan itu tidak disukai pemain belakang.

Friedrich tidak asal bicara. Ia memang punya pengalaman meredam ketajaman Ronaldo dan Messi dalam sebuah pertandingan.

Friedrich bertemu Ronaldo pada laga perempat final Piala Eropa 2008. Ia berhasil membuat sang megabintang gagal mencetak gol sehingga Jerman menang 3-2 atas Portugal dan melaju ke semifinal.

Dua tahun kemudian, Friedrich berhadapan dengan Messi di perempat final Piala Dunia 2010. Hasilnya, Jerman mengalahkan Argentina dengan skor mencolok 4-0.

Lionel Messi Cristiano Ronaldo Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan