Kalah Telak dari Borneo FC, Pelatih Persebaya Soroti Lini Belakang

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 05 September 2021
Kalah Telak dari Borneo FC, Pelatih Persebaya Soroti Lini Belakang
Persebaya takluk 1-3 dari Borneo FC. (persebaya.id)

BolaSkor.com - Tiga gol bersarang ke gawang Persebaya Surabaya. Tim asal Kota Pahlawan ini takluk 1-3 dari Borneo FC pada laga perdana seri pertama Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti (4/9) malam.

Gol pertama Pesut Etam sukses dilesatkan oleh Muhammad Sihran di menit ketujuh. Kemudian Terens Puhiri menggandakan keunggulan Borneo FC menit ke-48. Sementara gol ketiga dilesatkan oleh Guy Junior di menit ke-60. Sementara gol hiburan Persebaya dicetak oleh Ricky Kambuaya di menit ke-75.

Meski menelan kekalahan di laga pertama musim ini, pelatih Persebaya Aji Santoso tetap mengapresiasi penampilan anak asuhnya. Dia menilai hasil ini karena Rachmat Irianto dkk. masih mencoba beradaptasi dengan situasi kompetisi yang cukup lama tidak bergulir.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Borneo FC Taklukkan Persebaya Surabaya

Hasil Liga 1: Gol Indah Marc Klok Bawa Persib Kalahkan Barito Putera

"Dari awal kami sampaikan pertandingan pertama cukup sulit. Saya apresiasi (perjuangan) pemain muda yang tampil hari ini meski masih perlu beradaptasi dengan situasi kompetisi," ujarnya setelah pertandingan.

Pada laga ini, Persebaya turun dengan 100 persen pemain lokal dan muda. Pemain-pemain impor tim kebanggaan Bonek tersebut belum dapat diturunkan lantaran terkendala regulasi vaksin. Sementara itu, Borneo FC tampil dengan kekuatan terbaik termasuk menurunkan pemain asingnya. Alhasil, mereka mampu mendominasi permainan sepanjang laga.

Perbedaan komposisi pemain ini membuat permainan Persebaya menunjukkan terlalu banyak celah. Terutama di lini belakang yang menurunkan M. Alwi Slamat, Rachmat Irianto, Rizky Ridho Ramadhani dan Frank Rikhard Sokoy sejak menit pertama. Karena itu, Borneo FC sukses memanfaatkan kesalahan dan kelengahan pemain belakang Persebaya.

Kendati demikian, Aji menampik jika masih mencoba-coba komposisi pemain yang diturunkan pada laga pertama musim ini. Pelatih asli Kepanjen, Kabupaten Malang ini mengaku akan segera menggelar evaluasi sebelum laga kedua 11 September mendatang. Bajol Ijo akan meladeni PS Tira Persikabo.

"Bukan mencoba (komposisi pemain), ini sudah kompetisi. Karena memang situasi tim kami seperti itu (krisis pemain). Jadi, selama persiapan, pemain muda memang selalu menjadi pilihan dalam latihan menuju pertandingan pertama," sebut pelatih 51 tahun tersebut.

"Yang jelas, akan kami evaluasi hasil ini, terutama gol pertama. Pertahanan kami evaluasi, seharusnya tidak terjadi jika pemain belakang kami bisa mengantisipasi. Apalagi, Ernando tampil bagus meski kebobolan tiga kali. Itu bukan mutlak kesalahannya," pungkas Aji. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan