BolaSkor.com - Timnas Inggris secara mengejutkan menelan kekalahan 1-2 dari timnas Republik Ceko di Sinobo Stadium, Sabtu (12/10) dini hari WIB, dalam lanjutan laga grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020. The Three Lions merasakan dampak dari menurunnya performa pemain di level klub.

Dalam lanjutan laga grup A, Inggris kalah 1-2 di Sinobo Stadium, Sabtu (12/10) dini hari WIB. Sempat unggul dari gol penalti Harry Kane (5'), The Three Lions tak kuasa membendung kegigihan bermain Ceko yang berbalik menang via gol Jakub Brabec (9') dan Zdenek Ondrasek (85').

Inggris memiliki dominasi penguasaan bola 56 berbanding 44 persen tuan rumah. Tapi, jumlah percobaan tendangan mereka kalah dari Ceko, yang melepaskan 17 tendangan dan delapan di antaranya tepat sasaran, sementara Inggris hanya tujuh tendangan (empat tepat sasaran).

Baca Juga:

Hasil Laga Kualifikasi Piala Eropa 2020: Portugal Menang Telak, Inggris Kalah

Kosovo Bikin Inggris Ulangi Catatan Minor 7 Tahun Silam

Timnas Inggris Derita Kekalahan Perdana dalam 12 Tahun di Kualifikasi Piala Eropa

Harry Kane dan Marcus Rashford

Untungnya, posisi Inggris tetap berada di puncak klasemen grup A dengan raihan 12 poin dari lima laga yang sudah dimainkan. Perolehan poin mereka sama dengan Republik Ceko yang ada di urutan dua, namun Republik Ceko sudah bermain enam kali.

Inggris menelan kekalahan pertama di Kualifikasi Piala Eropa sejak 2007. Gareth Southgate, pelatih timnas Inggris, mengakui adanya peran penurunan performa pemain-pemain di level klub di balik kekalahan itu.

"Dengar, saya selalu menerima tanggung jawab. Kami mencoba untuk lebih solid kala bermain tanpa bola (bertahan) dan ini tidak terjadi. Kami tidak solid dan tampil buruk saat mengontrol bola di paruh pertama," ucap Southgate, dikutip dari BBC Sport.

"Dari segi pemain-pemain, saya pikir ada pemain-pemain yang sedang tidak tampil bagus untuk klub mereka, tapi inilah situasi yang kami hadapi saat ini, ini jelas terlihat di beberapa posisi."

"Kami harus menerima hasil ini secara kolektif, tapi tentu saja, sebagai manajer, kemudian saya juga harus menerimanya dengan baik, sudah jelas," tambah Southgate.

Bisa jadi pemain-pemain yang dimaksud Southgate itu seperti: Marcus Rashford, Harry Maguire (Manchester United), Harry Kane, dan Danny Rose (Tottenham Hotspur).