BolaSkor.com - Timnas Malaysia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Itu setelah merampungkan Kualifikasi Piala Asia 2023 Putaran Ketiga dengan kemenangan 4-1 atas Bangladesh di Stadion Nasional Bukit Jalil, Selasa (14/6) malam.

Timnas Malaysia membuka keunggulan melalui gol penalti Safawi Rasid pada menit ke-16. Bangladesh menyamakan kedudukan melalui gol Mohammad Ibrahim pada menit ke-31, sebelum Malaysia kembali unggul melalui gol Dion Cools pada menit ke-38.

Baca Juga:

Hadapi Timnas Indonesia, Nepal Incar Obat Pelipur Lara

Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Skor 2-1 menutup babak pertama, sebelum Harimau Malaya memperbesar keunggulan melalui gol Syafiq Ahmad pada menit ke-47. Adapun gol keempat dicetak oleh Darren Lok pada menit ke-73.

Tambahan tiga angka membuat Malaysia mengoleksi enam poin dari tiga laga dan menyelesaikan kualifikasi Grup E sebagai runner-up.

Adapun status juara grup diraih Bahrain yang meraih kemenangan ketiga dengan skor 1-0 di laga terakhir melawan Turkmenistan.

Malaysia lolos setelah masuk dalam daftar lima runner-up terbaik, yang menemani enam juara grup ke putaran final. Malaysia sekaligus mengakhiri penantian 42 tahun lolos ke Piala Asia lewat kualifikasi.

Pada edisi 2007, Malaysia lolos otomatis bersama Indonesia, Thailand, dan Vietnam karena berstatus tuan rumah bersama.