BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan apresiasi kepada para pemainnya. Pasalnya, Skuat Garuda berhasil mengalahkan timnas Curacao dengan skor 3-2, dalam pertemuan pertama FIFA Matchday yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (24/9).

Menurutnya, tidak mudah untuk bisa mengalahkan timnas Curacao. Terbukti, Indonesia lebih dulu ketertinggalan gol melalui Rangelo Janga di menit ke-8.

Namun, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan melalui Marc Klok di menit ke-18, dan berhasil membalikan keunggulan menjadi 2-1 melalui Fachruddin Aryanto di menit ke-22.

Curacao sempat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui Juninho Bacuna di menit ke-25. Namun Indonesia berhasil memastikan diri menjadi pemenang setelah Dimas Drajad menciptakan gol penentu di menit 55. Laga berakhir 3-2 untuk kemenangan Indonesia.

Baca Juga:

Dimas Drajad Jadi Penentu, Timnas Indonesia Menang atas Curacao

Seru Berbalas Gol, Timnas Indonesia Imbang Lawan Curacao di Babak Pertama

"Memang banyak hal yang menyusahkan tim kami, sampai gol pertama pun kita kemasukan. Tapi tetap kami bisa membalikkan skor dan memang punya kehausan terhadap kemenangan di home, jadi para pemain sangat bekerja keras, oleh karena itu saya terima kasih banyak dan pemain menang sangat baik untuk hari ini," ungkap Shin Tae-yong usai pertandingan.

Pelatih asal Korea Selatan ini pun memuji para pemainnya yang mampu memberikan perlawanan meski dari postur tubuh kalah dari Curacao.

"Memang lawan kita bukan hanya negara Asia saja, tapi di luar itu postur tubuh sangat baik, tapi kami bisa melawan dengan baik dan tidak ada ketakutan kepada pemain lawan hari ini. Jadi pemain pun sangat baik untuk hari ini, mengikuti instruksi saya, untuk itu saya memang sangat terima kasih," tambahnya.

Terkait mengenai Asnawi Mangkualam, Shin Tae-yong memiliki alasan untuk tidak menurunkannya di laga tersebut. Sebab pemain yang membela Ansan Greeners FC di Korea Selatan ini dalam kondisi yang tidak baik.

"Asnawi memang sempat cedera di Korea, memang dia bilang kondisinya memang 80 sampai 90 persen, tetapi saya ingin jaga Asnawi biar tidak cedera lagi, jadi sengaja tidak dimainkan, dan saya sengaja merencanakan untuk memainkan asnawi untuk AFF nanti,"

"Kalau Saddil (Ramdani) di Liga (Malaysia) memang saat ini ada libur ya, jadi performanya juga sedikit menurun, dia beristirahat cukup lama, jadi saya berencana untuk menggunakan Saddil ini di babak kedua. Dan Saddil memang di babak kedua sangat baik, instruksi saya diikuti dengan baik oleh Saddil," tuturnya.

Sementara mengenai Yakob Sayuri yang ditempatkan sebagai winger, Shin Tae-yong memastikan kondisinya dalam keadaan baik. Terbukti, lini serang berjalan dengan baik.

"Tapi untuk pertahanan itu sama semua, siapa yang bermain sebagai defend itu semua sama, kurang baik terhadap organisasi, tapi untuk Yakob Sayuri itu saya nilai baik," katanya.

Meski demikian, Shin Tae-yong memastikan akan melakukan evaluasi. Sebab laga melawan Curacao akan digelar dua kali. Laga kedua digelar di Stadion Pakansari, Selasa (27/9).

"Jadi memang untuk membuat organisasi defend itu perlu waktu, tapi tim kita memang kurang untuk latihan pertahanan, memang ada beberapa kali kesalahan, itu akan lebih fokus memperbaikinya, dan lebih detil lagi untuk pertahanan," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)