BolaSkor.com - Provinsi Papua berhasil menjadi juara turnamen Women's Football Road To Asian Games Piala Pertiwi 2017. Kepastian itu didapat usai Papua mengalahkan Kalimantan Barat dengan skor 2-1, pada laga final yang berlangsung di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang, Rabu (13/12/17).

Dua gol kemenangan Papua dicetak oleh Rulin Aspalek pada menit ke-14 dan Yudith Herlina Sada di menit ke-43. Sementara gol hiburan Kalbar diciptakan Syenida Meryfandina pada menit ke-13.

"Kami bersyukur mampu mempertahankan gelar juara. Kalbar saya rasa lawan yang kuat dan memberikan perlawanan yang baik pada hari ini. Apresiasi yang luar biasa untuk pemain dan sudah berjuang sejak awal event ini," kata Pelatih Papua, Semuel Welya, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Gelar ini kami persembahkan untuk keluarga, pendukung kami, dan warga Papua. Kami jelaskan bahwa Papua tak akan pernah habis menghasilkan pemain yang berkualitas. Kita semua juga berharap event Piala Pertiwi digelar rutin tiap tahun dan semoga tahun depan pesertanya bertambah banyak."

Di sisi lain, posisi peringkat ketiga terbaik diraih Bangka Belitung, usai mengandaskan Jawa Barat 5-0. Sedangkan, gelar pemain terbaik didapat oleh pemain Papua, Yudith Herlina Sada.

Gelar top skor turnamen ini disabet oleh pemain Bangka Belitung, Rani Mulyasari. Untuk tim fair play diraih oleh tuan rumah Sumatera Selatan.