Kalahkan Peringkat Satu Dunia, Gareth Southgate Banggakan Mentalitas Pemain Muda Inggris

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 12 Oktober 2020
Kalahkan Peringkat Satu Dunia, Gareth Southgate Banggakan Mentalitas Pemain Muda Inggris
Inggris vs Belgia (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Inggris melakukan comeback gemilang saat mengalahkan Belgia dengan skor 2-1 dalam lanjutan UEFA Nations League di Stadion Wembley, Minggu (11/10). Sang pelatih, Gareth Southgate tak ragu memuji mentalitas para pemain muda yang diturunkannya.

Dalam laga ini, Inggris memang tampil dengan mayoritas pemain muda. Praktis hanya Jordan Henderson dan Kyle Walker pemain yang usianya menyentuh 30 tahun dalam daftar starter.

Keputusan Southgate ini terbilang berani dan penuh resiko. Apalagi sang lawan berstatus peringkat satu dunia dan diperkuat para pemain terbaik.

Baca Juga:

Hasil UEFA Nations League: Inggris Tekuk Belgia, Prancis Tahan Imbang Portugal

Jordan Henderson Pasang Badan untuk Pemain Muda Inggris yang Langgar Protokol Kesehatan

Paul Gascoigne Berada di Level yang Berbeda, Tidak Bisa Dibandingkan dengan Jack Grealish

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate

Hal itu terbukti dengan kesuksesan Belgia mencuri gol lebih dulu lewat penalti Romelu Lukaku npada menit ke-16. Hadiah itu diberikan wasit setelah sang penyerang dilanggar oleh Eric Dier di kotak terlarang.

Hebatnya, mental para pemain muda Inggris seperti tak terpengaruh dengan situasi ini. Mereka tetap tampil maksimal demi mengejar ketertinggalan.

Usaha Inggris untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-39. Marcus Rashford membobol gawang Belgia juga lewat titik putih setelah Thomas Meunier melanggar Jordan Henderson di kotak penalti.

Mason Mount kemudian mencetak gol kemenangan Inggris pada menit ke-65 lewat tendangan dari dalam kotak penalti yang sempat membentur kaki bek Belgia.

"Belgia adalah tim teratas dan kami tahu pertanyaan yang akan mereka ajukan kepada kami. Dalam pertandingan ini, Anda tidak bisa hanya bermain dengan bola karena melawan yang terbaik, detail bagaimana Anda bertahan harus benar-benar diperhatikan," kata Southgate kepada Sky Sports.

Anda harus menderita untuk memenangkan pertandingan besar ini dan para pemain melakukannya. Kami memiliki banyak pemain muda di sana yang merupakan pengalaman hebat."

Performa yang ditunjukkan para pemain muda ini tentu menjadi modal yang baik bagi Inggris untuk mengakhiri paceklik gelar. Seperti diketahui, terakhir kali The Three Lions menjuarai sebuah ajang bergengsi adalah Piala Dunia 1966.

Meski begitu, Southgate tak mau para pemainnya berpuas diri. Ia menilai masih banyak kekurangan yang harus dibenahi untuk mewujudkan mimpi tersebut.

"Kami memiliki banyak hal yang bisa menjadi lebih baik. Kualitas seperti lawan kami (Belgia) adalah apa yang kami cita-citakan secara konsisten," pungkasnya.

Timnas Inggris Timnas Belgia Gareth southgate UEFA Nations League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan