Kalahkan Timnas Indonesia 2-0, Park Hang-seo Puas Akhiri Kutukan 26 Tahun

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 09 Januari 2023
Kalahkan Timnas Indonesia 2-0, Park Hang-seo Puas Akhiri Kutukan 26 Tahun
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. (VTC)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo puas anak asuhnya meraih kemenangan 2-0 atas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1) malam. Kemenangan ini sekaligus menghentikan catatan tidak pernah menang atas Indonesia selama 26 tahun.

Sejak mengalahkan Indonesia 3-2 di perebutan tempat ketiga Piala AFF 1996, Vietnam belum pernah merasakan kemenangan lagi.

Dalam delapan pertemuan selanjutnya di Piala AFF hingga edisi 2021, Vietnam kalah tiga kali sementara lima laga berakhir imbang. Adapun pertemuan di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 berakhir 0-0.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Akui Vietnam Main Bagus

Hasil Piala AFF 2022: Kalah 0-2 dari Vietnam, Timnas Indonesia Terhenti di Semifinal

"Timnas Vietnam telah melewati masa 26 tahun tidak pernah menang melawan Indonesia di Piala AFF. Saya mengatakan kepada pemain untuk mematahkan itu, bukan diserahkan ke para junior," kata Park Hang-seo dikutip dari VTC.

"Kami bisa mematahkan hasil konfrontasi buruk sebelumnya, itu memiliki arti penting lainnya bahwa tim Vietnam masuk final. Saya bangga dengan usaha pemain hari ini," tambahnya.

Vietnam mengalahkan Indonesia lewat dua gol Nguyen Tien Linh masing-masing menit ketiga dan ke-47. Kemenangan membuat Vietnam melaju ke final untuk keempat kalinya.

"Di leg pertama, kami bermain dengan formasi 3-4-3 dan menarik lawan. Setelah kembali ke Vietnam, kami dengan detail menganalisis lawan, tipikal permainan mereka didasarkan pada serangan balik cepat. Gol pertama Tien Linh datang dari analisis kami, bola atas mereka cukup lemah. Bek mereka kehilangan ketenangan di beberapa area. Kami mendorong 2 penyerang dan menendang bola di titik jatuh, memperebutkan bola di titik-titik ini. Mereka lemah saat bertahan di area belakang pertahanan."

Vietnam akan bertemu pemenang semifinal lain yang mempertemukan Malaysia dan Thailand. Malaysia sementara unggul berkat kemenangan 1-0 di leg pertama semifinal.

Timnas Indonesia Park Hang-seo Vietnam Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan