BolaSkor.com - Empat pemain impor Persebaya Surabaya yakni Alie Sesay, Taisei Marukawa, Bruno Moreira Soares, dan Jose Wilkson Teixeira Rocha melakoni debut di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Mereka langsung memberi kontribusi positif pada laga kedua Persebaya di Liga 1 2021/2022.

Tim asal Kota Pahlawan tersebut memetik kemenangan 3-1 atas TIRA-Persikabo di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (11/9) malam.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengakui masuknya pemain asing merubah permainan tim asuhannya menjadi lebih agresif. Permainan Persebaya tampak beda dengan laga pertama lalu.

Bajol Ijo bermain begitu ngeyel dan ngosek. Hasilnya, gol-gol Persebaya tercipta di babak pertama berasal dari Jose Wilkson pada menit 25 dan 41 serta Ricky Kambuaya (39). Sementara TIRA-Persikabo memperkecil kedudukan melalui tendangan penalti Ciro Henrique Alves Ferreira e Silva di menit 64.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Tampil Beda, Persebaya Sikat TIRA-Persikabo 3-1

Arema FC Mutlak Harus Tundukkan Bhayangkara FC

"Memang, dengan adanya pemain asing membuat saya jadi punya banyak taktik dan pilihan. Alhamdulillah dengan pemain asing kami bisa menang, tentunya ini akan menjadi modal bagi mereka untuk laga-laga berikutnya yang saya lihat semakin hari semakin ketat persaingannya," ujar Aji Santoso dalam sesi jumpa pers setelah pertandingan.

"Menurut saya penampilan pertama keempat pemain asing cukup bagus. Untuk pertandingan berikutnya saya (harap) lebih bagus lagi, dan saya yakin itu. Bagaimana pun mereka pertama kali tampil dengan atmosfer sepak bola Indonesia," lanjutnya.

Aji Santoso menegaskan jika pertandingan melawan tim berjulukan Laskar Padjajaran tersebut cukup ketat dan berat bagi anak asuhnya. Menurutnya, laga tersebut tak sekadar mempertontonkan permainan di lapangan hijau, namun juga pertarungan mental bagi Rachmat Irianto dan kolega.

"Jujur saya akui pertandingan tadi cukup berat untuk kami, karena pertandingan pertama kami kalah," katanya.

"Sementara di laga kedua menjadi pertarungan mental, karena seandainya tadi kami tidak menang tentu akan berat. Alhamdulillah dalam pertandingan yang cukup ketat ini, kami bisa mendapatkan tiga poin," tambah Aji Santoso.

Pelatih asli Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut melakukan sejumlah perubahan komposisi pemain jika dibandingkan dengan pertadningan pertama lalu. Selain menurunkan empat pemain asing, dia tidak memasukkan nama Hambali, Frank Rikhard Sokoy dan Arizky Wahyu Satria dalam daftar susunan pemain. Aji menepis anggapan diparkirnya pemain-pemain tersebut karena tampil tidak sesuai harapan di laga pertama lalu.

"Dengan adanya empat pemain asing yang bisa diturunkan, tentu mengurangi jumlah pemain lokal yang masuk line-up. Tidak masuknya mereka bukan karena penampilan (buruk) di laga pertama. Kan ada keterbatasan jumlah pemain yang didaftarkan ke line-up," pungkas Aji. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)