Kaleidoskop Kompetisi Sepak Bola Jepang 2021: Kawasaki Frontale Dominan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 29 Desember 2021
Kaleidoskop Kompetisi Sepak Bola Jepang 2021: Kawasaki Frontale Dominan
Kawasaki Frontale jadi juara Piala Super Jepang. (J League)

BolaSkor.com - Tak terasa tahun 2021 akan segera berlalu dalam beberapa hari kemudian. Tahun 2022 akan menyapa kita semua.

Sebelum memasuki tahun 2021, ada banyak peristiwa yang dikenang, khususnya dalam dunia olahraga sepak bola. Dalam sepak bola Jepang, ada beberapa momen yang tak terlupakan sepanjang tahun 2021.

Gelaran sepak bola Negeri Matahari Terbit pada tahun 2021 dibuka dengan kompetisi Piala Super Jepang dan ditutup dengan final Piala Kaisar.

Baca Juga:

Kisah Magis Urawa Red Diamonds Juara Piala Kaisar 2021

Penghargaan J1 League 2021: Dominasi Kawasaki Frontale, Ada Legenda Barcelona

Piala Super Jepang 2021

Kawasaki Frontale
Kawasaki Frontale jadi juara Piala Super Jepang. (J League)

Fuji Xerox Super Cup 2021 adalah gelaran Piala Super Jepang ke-28 sepanjang sejarah yang digelar pada 20 Februari 2021.

Biasanya, gelaran Piala Super Jepang mempertemukan pemegang gelar J1 League dan juga Piala Kaisar musim sebelumnya.

Kawasaki Frontale adalah juara bertahan J1 League sekaligus Piala Kaisar musim 2020. Di laga ini, Frontale ditantang Gamba Osaka yang musim sebelumnya jadi runner-up di liga sekaligus di Piala Kasiar.

Bermain di Saitama Stadium 2002, Kawasaki Frontale menang tipis 3-2 lewat gol telat Yu Kobayashi pada menit ke-90+6. Ini jadi gelar Piala Super Jepang kedua bagi Frontale setelah sebelumnya pernah menang pada 2019.

J League Cup 2021

Nagoya Grampus
Nagoya Grampus juara J League Cup 2021. (J League)

Gelaran J League YBC Levain Cup 2021 digelar mulai awal Maret hingga final pada 30 Oktober 2021, diikuti oleh total 20 tim.

Empat tim yang tahun ini lolos ke Liga Champions Asia berhak langsung lolos ke babak delapan besar J.League Cup, dengan empat tempat tersisa diperebutkan oleh 16 tim lainnya.

Sebanyak 20 peserta kompetisi ini semuanya adalah klub Meiji Yasuda J1 League musim ini. Nagoya Grampus berhasil jadi juara usai masuk dari babak delapan besar, mereka mengalahkan Kashima Antlers dan F.C.Tokyo untuk mencapai final.

Di final, Nagoya Grampus menang 2-0 lawan Cerezo Osaka dan meraih gelar J League Cup pertama mereka sepanjang sejarah.

Gelandang Nagoya Grampus, Sho Inagaki, terpilih jadi pemain terbaik sekaligus top skorer turnamen.

Liga Jepang 2021

Kawasaki Frontale jadi juara J1 League musim ini
Kawasaki Frontale jadi juara J1 League musim ini. (J League)

Kawasaki Frontale masih menguasai gelaran Meiji Yasuda J1 League 2021. Frontale berhasil jadi juara, mereka sudah juara Liga Jepang empat kali dalam lima musim terakhir.

Musim ini, Kawasaki Frontale juara dengan koleksi 92 poin, jumlah poin terbanyak juara J League sepanjang sejarah single-season.

Mereka unggul 12 poin dari Yokohama F Marinos yang menempati posisi kedua, disusul Vissel Kobe di tempat ketiga dengan 73 angka.

Ketiganya akan jadi wakil Jepang di Liga Champions Asia musim depan. Di sisi lain tabel klasemen, empat tim harus rela terdegradasi ke kasta kedua, Tokushima Vortis, Oita Trinita, Vegalta Sendai, dan Yokohama FC.

J League memberlakukan empat degradasi dan hanya dua promosi agar musim depan kasta teratas kembali diisi oleh 18 tim saja.

Di Meiji Yasuda J2 League alias kasta kedua, Jubilo Iwata jadi juara dengan 91 angka, disusul Kyoto Sanga yang akan menemani Jubilo promosi ke kasta teratas.

SC Sagamihara, Ehime FC, Giravanz Kitakyushu, dan Matsumoto Yamaga harus rela degradasi ke kasta ketiga. Posisi mereka akan digantikan oleh Roasso Kumamoto sebagai juara Meiji Yasuda J3 League serta didampingi oleh Iwate Grulla Morioka.

Piala Kaisar 2021

Urawa Red Diamonds juara Piala Kaisar 2021
Urawa Red Diamonds juara Piala Kaisar 2021. (J League)

Gelaran Piala Kaisar 2021 dimulai pada 22 Mei 2021 dan berakhir pada 19 Desember 2021 lalu. Ini merupakan turnamen ke-101 Piala Kaisar sepanjang masa.

Sebanyak 90 tim ikut serta dari seluruh negeri: 20 tim J1 League, 22 tim J2 League, satu tim amatir terbaik, dan juga 47 wakil setiap prefektur di Jepang.

Urawa Red Diamonds yang masuk di ronde kedua berhasil menang lawan Kataller Toyama, SC Sagamihara, Kyoto Sanga, Gamba Osaka, dan Cerezo Osaka untuk bisa melangkah ke partai puncak.

Di final, Urawa Red Diamonds menang tipis 2-1 lawan Oita Trinita via gol telat Tomoaki Makino pada menit ke-90+3. Ini merupakan gelar kedelapan bagi Urawa Reds, koleksi terbanyak kedua di Jepang setelah milik Universitas Keio.

Urawa Reds juga berhasil mendapatkan tiket terakhir ke Liga Champions Asia musim depan, menemani Kawasaki Frontale, Yokohama F Marinos, dan Vissel Kobe.

J League Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.007

Bagikan