BolaSkor.com - Periode bulan Juli sampai Desember 2019 merupakan momen sibuk untuk olahraga non sepak bola. Karena begitu banyak kejadian menarik pada periode ini.

Seperti Marc Marquez dan Lewis Hamilton yang sama-sama mengunci titel juara dunia MotoGP maupun Formula 1 ketika musim belum selesai.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Daftar Akhir Klasemen Perolehan Medali, Indonesia Posisi Empat

Rekam Jejak Marc Marquez Ketika Menjadi Juara Dunia MotoGP Enam Kali

4 Makna Titel Juara Dunia Keenam Lewis Hamilton

Lalu ada lagi perjuangan atlet-atlet di Tanah Air pada ajang SEA Games 2019. Hanya saja terselip juga berita negatif. Ketika Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi harus tersandung masalah korupsi.

Berikut BolaSkor.com merangkum kaleidoskop olahraga non sepak bola pada periode Juli-Desember 2019:

Juli

Simona Halep dan Novak Djokovic Juara Wimbledon

Simona Halep secara fantastis meraih titel juara di ajang Grand Slam, Wimbledon. Pada partai final, ia mengalahkan Serena Williams dengan permainan dua set langsung: 6-2, 6-2.

Simona Halep
Simona Halep (Istimewa)

Sementara untuk kategori putra, Novak Djokovic yang keluar sebagai juara. Di final, ia mengandaskan salah satu rival kuatnya: Roger Federer, 7–6(7–5), 1–6, 7–6(7–4), 4–6, 13–12(7–3).

Agustus

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan Juara Dunia

Ganda putra senior Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses keluar sebagai juara Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis yang berlangsung di Swiss.

Hendra/Ahsan
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Istimewa)

Pencapaian tersebut membuat Indonesia berhasil memenuhi target membawa pulang satu gelar. Ahsan/Hendra merebut gelar juara dunia ketiga mereka setelah mengalahkan ganda Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kabayashi, 25-23, 9-21, 21-15.

September

Rafael Nadal Hentikan Kejutan Daniil Medvedev di Final US Open

Petenis Rusia, Daniil Medvedev membuat kejutan di event Grand Slam, US Open. Di final, Medvedev dikalahkan Rafael Nadal setelah melewati pertarungan selama lima set.

Untuk kategori putrim Serena Williams kembali gagal jadi juara Grand Slam tahun ini. Pasalnya ia dikandaskan petenis muda, Bianca Andreescu dengan dua set langsung: 6-3, 7-5.

Menpora Imam Nahrawi Ditahan Akibat Korupsi

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi resmi ditahan atas kasus dugaan suap dana hibah KONI oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat, 27 September 2019.

Imam Nahrawi
Imam Nahrawi

Imam Nahrawi sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka pada 18 September 2019 oleh KPK lantaran diduga telah menerima uang sebesar Rp 26,5 miliar untuk kepentingan pribadi dan pihak lain yang terkait.

Oktober

Marc Marquez Kunci Titel Juara Dunia MotoGP

Marc Marquez mengunci gelar juara dunia pembalap pada lomba putaran ke-15 MotoGP 2019 di Sirkuit Buriram, Thailand. Ketika mengunci gelar, ia sudah memenangkan sembilan lomba dan merasakan enam titel juara dunia MotoGP.

Marc Marquez
Selebrasi Marc Marquez (Istimewa)

Pada akhirnya Marquez mengakhiri MotoGP 2019 dengan pencapaian 12 kemenangan plus memecahkan rekor pembalap dengan total poin terbanyak pada satu musim kompetisi.

November

Jorge Lorenzo Pensiun

Jelang lomba putaran terakhir MotoGP 2019 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 17 November, Jorge Lorenzo memutuskan pensiun dari ajang yang membesarkan namanya.

Kegagalan kompetitif bersama tim Repsol Honda jadi penyebab dirinya pensiun. Lorenzo pensiun setelah merasakan tiga titel juara dunia MotoGP: 2010, 2012, dan 2015. Dia meraih semua gelar bersama Yamaha.

Lewis Hamilton Juara Dunia F1

Lewis Hamilton sukses mempertahankan titel juara dunia Formula 1. Dia memenangkan titel keenam ini pada lomba putaran ke-19 F1 2019 di Sirkuit Austin, Texas, Amerika Serikat.

Hamilton
Lewis Hamilton (Istimewa)

Sukses Hamilton dilengkapi fakta timnya, Mercedes turut mempertahankan gelar juara dunia konstruktor. Mercedes pun menyamai rekor Ferrari, sebagai tim yang merasakan titel juara dunia konstruktor selama enam musim berturut-turut.

Desember

Indonesia Perbaiki Prestasi di SEA Games

Kontingen Indonesia sukses memperbaiki prestasi di ajang SEA Games 2019, Filipina. Atlet Tanah Air total mengemas 72 medali emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

Klasemen Medali
Klasemen Akhir Medali SEA Games 2019. (Istimewa)

Berkat pencapaian ini, Indonesia finis posisi empat perolehan medali atau naik satu peringkat dari SEA Games 2017, Kuala Lumpur. Jumlah 72 medali emas juga melebihi target yang dibebankann oleh pemerintah.

Juara World Tour Finals 2019, Hendra/Ahsan Cetak Sejarah

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juara BWF World Tour Finals 2019 setelah pada partai final mengalahkan ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Berkat sukses ini, Ahsan/Hendra mencetak sejarah. Keduanya berstatus ganda putra pertama sepanjang sejarah yang bisa meraih tiga titel prestisius dalam satu tahun yaitu All England, Kejuaraan Dunia, dan BWF World Tour Finals.*