BolaSkor.com - Tak terasa sudah penghujung tahun 2021. Ada banyak peristiwa penting yang terjadi dalam 12 bulan ini. Tak terkecuali dari dunia sepak bola Indonesia.

Sepak bola Indonesia belum pulih di awal tahun, karena kompetisi dihentikan akibat pandemi COVID-19. Meski begitu, ada beberapa prestasi yang ditorehkan anak-anak muda Indonesia dengan menitih kaier di luar negeri.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan Kaleidoskop Sepak Bola Indonesia 2021 yang disusun oleh desk sepak bola nasional BolaSkor.com:

Baca Juga:

Tommy Hermawan Lo Bahagia Dewa United FC Promosi ke Liga 1 Musim Depan

Publik Minta Shin Tae-yong Dipertahankan, Ketum PSSI Beri Jawaban Tegas

Januari 2021:

1. Ramai Tagar Ayo Main Lagi, Harapan Liga Kembali Bergulir

Kutipan dilengkapi tanda pagar (tagar) ayo main lagi ramai disuarakan. Terutama oleh pesepak bola Indonesia, Kamis (7/1).

Kutipan berlatar belakang warna merah berisi, "membayangkan negara paling fanatik dengan sepak bola, tapi tak memiliki kompetisi sepak bola". Dalam gambar juga terdapat tanda pagar ayo main lagi.

Pemain yang ikut mengunggah di antaranya Marko Simic, Marc Klok, Marco Motta, Otavio Dutra, Willem Jan Pluim, Made Wirawan, Nick Kuipers, Alberto Goncalves, M. Taufiq, M. Ridho, dan banyak lagi.

Kutipan dilengkapi tanda pagar ayo main lagi juga diunggah sejumlah akun sepak bola, termasuk pecinta sepak bola Indonesia. Termasuk pihak terkait di sepak bola Indonesia.

Unggahan ini menjadi harapan sekaligus keinginan agar Liga Indonesia kembali digulirkan. Liga 1 sudah tak berjalan sejak Maret 2020 dan sempat direncanakan Oktober, November 2020, hingga terakhir Februari 2021.

2. Rapat Exco PSSI Resmi Batalkan Liga 1 dan 2 2020/2021

PSSI memutuskan untuk membatalkan kompetisi Liga 1 dan 2 2020-2021. Keputusan ini muncul dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Rabu (20/1).

Ada empat poin keputusan yang muncul dalam rapat Komite Ekesekutif. Pertama bahwa kompetisi 2020-2021 dibatalkan karena force majeure. Keputusan lain yakni tak adanya juara dan tim yang terdegradasi, didasari masukan klub Liga 1 dan 2 dalam pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 15 Januari.

Liga 1 dan 2 2020 belum bisa digulirkan karena persoalan izin dari pihak kepolisian. Sempat direncanakan digelar kembali mulai Oktober 2020, kemudian bergeser ke November, Liga 1 2020 terakhir diwacanakan mulai Februari 2021.

Asnawi Mangkualam
Asnawi Mangkualam. (Ansan Greeners FC)

3. Asnawi Mangkualam Dikontrak Klub Korea Selatan

Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, dikontrak klub kasta kedua Korea Selatan, K-League 2, Ansan Greeners FC. Hal ini seperti disampaikan pemimpin tim Ansan Greeners, Joo Chan-yong merujuk keputusan klub pada 19 Januari 2021.

Asnawi disodorkan kontrak selama satu tahun. Ada opsi perpanjangan satu tahun lagi di musim berikutnya untuk pemain yang sebelumnya berbaju PSM Makassar.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memiliki peran dalam keputusan Ansan Greeners mengontrak Asnawi. Shin Tae-yong merupakan pemberi rekomendasi.

4. AFC Batalkan Empat Ajang 2021, Termasuk Piala Asia U-19

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi membatalkan empat ajang yang rencananya diselenggarakan pada 2021. Keputusan ini diumumkan Senin (25/1) dan diperkirakan dibuat di forum Komite Eksekutif (Exco) AFC, seperti yang disampaikan Sekjen AFC Windsor John sebelumnya.

Keempat ajang itu masing-masing Piala Asia U-16 dan U-19, serta Piala Asia Futsal 2020 dan Piala Asia Sepak Bola Pantai 2021.

Piala Asia U-16 2020 rencananya digelar April 2021 di Bahrain, sedangkan Piala Asia U-19 pada Maret 2021 di Uzbekistan. Keputusan pembatalan kedua ajang tersebut juga sejalan dengan putusan FIFA membatalkan Piala Dunia U-17 dan U-20 pada 2021.

5. Elkan Baggott Teken Kontrak Profesional di Ipswich Town

Bek berdarah Indonesia, Elkan Baggott resmi menandatangani kontrak profesional pertama. Kontrak diteken bersama dengan klub kasta ketiga Inggris, Ipswich Town yang menjadi tempat baginya merintis karier pesepak bola.

Hal ini sekaligus menyudahi rumor yang sempat beredar. Elkan Baggott disebut-sebut menarik minat Leeds United dan West Ham United. Adapun jauh sebelumnya ia juga sempat dihubung-hubungkan dengan Manchester United dan Everton.

Februari 2021:

1. Newcastle Jets Resmi Perkenalkan Syahrian Abimanyu

Klub Liga Australia A-League, Newcastle Jets resmi memperkenalkan Syahrian Abimanyu. Abi, panggilan Syahrian didatangkan dengan status sebagai pemain pinjaman.

Dalam lamannya, Jets menyebut bahwa Syahrian Abimanyu dipinjam dari klub Johor Darul Ta'zim (JDT) II, yang merupakan tim satelit Johor Darul Ta'zim. Pasca diumumkan direkrut JDT, Syahrian Abimanyu memang disebut akan dipinjamkan.

2. Bagus Kahfi Resmi Diperkenalkan FC Utrecht

FC Utrecht secara resmi memperkenalkan penyerang muda Indonesia, Amiruddin Bagus Kahfi. Seperti yang dituliskan, Bagus Kahfi menandatangani kontrak berdurasi hingga pertengahan 2022.

Ada opsi perpanjangan dua tahun, seperti yang diinformasikan. Bagus Kahfi dijelaskan akan membela FC Utrecht U-18.

Yang menarik Bagus Kahfi menggunakan batik dalam prosesi tanda tangan kontrak, termasuk foto perkenalan.

Bagus Kahfi
Bagus Kahfi. (FC Utrecht)

3. Kapolri Berikan Izin Turnamen Pramusim Piala Menpora

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan izin untuk turnamen pramusim Liga 1 2021 yang akan digelar pada 20 Maret sampai dengan 25 April 2021. Turnamen pramusim ini bertajuk Piala Menpora.

Izin kompetisi ini disampaikan langsung oleh Kapolri Listyo Prabowo usai bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali di Markas Besar Polisi Republik Indonesia, Kamis (18/2).

Dalam pertemuannya tersebut, Kapolri Listyo Prabowo memberikan catatan untuk izin Piala Menpora. Salah satu yang menjadi catatan harus dijalankan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

4. Dewa United FC Tunjuk Kas Hartadi Jadi Pelatih

Dewa United FC memilih Kas Hartadi sebagai pelatih pada 22 Februari 2021. Kas Hartadi memiliki pengalaman segudang.

Sebelumnya, pelatih asal Solo itu pernah membawa Sriwijaya FC juara Indonesia Super League (ISL) 2012, dan membawa Kalteng Putra promosi ke Liga 1 2019.

Dalam prosesi perkenalan, COO Dewa United FC, Rendra Soedjono juga menegaskan target klub untuk promosi ke Liga 1 musim depan. Adapun pembentukan tim dimulai dari proses seleksi awal Maret 2021.

Maret 2021:

1.Shin Tae-yong Positif COVID-19

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terinfeksi COVID-19. Hal ini seperti dilaporkan media Korea Selatan, Yonhap 20 Maret.

Dalam penjelasan, Shin Tae-yong sudah dicurigai terkena COVID-19 setelah demam dan kehilangan nafsu makan selama dua minggu terakhir.

Yonhap menjelaskan bahwa tim kepelatihan secara bergantian terjangkit COVID-19. Dimulai dari penjaga gawang Yoo Jae-hoon, pelatih dan juru bahasa dan pelatih Kim Hae-woon pada tanggal 5 Maret ini. Adapun pelatih fisik Lee Jae-hong terkonfirmasi pada tanggal 7.

PSSI sebelumnya sempat membantah, namun kemudian membenarkan.

Kondisi Shin Tae-yong sempat dilaporkan menurun hingga masuk ruang perawatan High Care Unit (HCU). Shin Tae-yong kemudian terbang ke negaranya dengan ambulance terbang dengan biaya sendiri seperti dilaporkan pada 27 Maret, untuk melanjutkan perawatan, terlebih penyakit kronisnya memburuk.

2. Pemilik Baru Persis, Ada Putra Jokowi hingga Eks Bos Inter Milan

Tiga orang selaku pemilik baru Persis Solo diketahui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT PSS di Hotel Alila Solo, Sabtu (20/3). Mereka putra Presiden Jokowi Kaesang Pangarep, eks bos Inter Milan sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir, dan pengusaha muda Kevin Nugroho.

Dalam kepemilikan saham, Kaesang memiliki 40 persen saham, sementara Kevin 30 persen, dan Erick Thohir 20 persen dari total 90 persen saham PT PSS yang ditawarkan. Sementara sisa 10 persen masih untuk 26 klub internal.

Shin Tae-yong
Shin Tae-yong. (PSSI)

3. Piala Menpora Resmi Bergulir

Piala Menpora 2021 secara resmi dibuka oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali di Stadion Manahan, Solo, Minggu (21/3).

Turnamen ini menjadi ajang sepak bola pertama yang dilaksanakan menyusul vakumnya kompetisi karena pandemi COVID-19 atau . Turnamen ini sekaligus menjadi uji coba pelaksanaan pertandingan saat pandemi. Piala Menpora diikut 17 klub Liga 1, setelah mundurnya Persipura Jayapura.

4. Brylian Aldama dan David Maulana Direkrut Klub Kroasia

Dua penggawa muda Timnas Indonesia U-20, Brylian Aldama dan David Maulana direkrut klub Kroasia, NK Rijeka.

April 2021:

1. Persija Juara Piala Menpora 2021 Usai Benamkan Persib

Persija Jakarta berhasil keluar sebagai juara Piala Menpora 2021. Kepastian ini didapat usai menang 2-1 atas Persib Bandung pada pertandingan leg kedua final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4). Persija unggul selisih tiga gol, setelah di pertemuan pertama menang 2-0.

Persib pun harus puas menjadi runner-up. Sedangkan peringkat ketiga diisi PSS Sleman, adapun posisi keempat PSM Makassar.

Assanur Rijal yang membela Persiraja menjadi top skorer, Pratama Arhan meraih predikat pemain muda terbaik, sedangkan Marc Klok pemain terbaik.

Persija Jakarta
Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021. (Media Persija)

Next Mei - Agustus 2021: